Komunitas Seni Bontomaranu Dapat Penghargaan dari Gubernur NTB

Kabupaten Bima, Kahaba.- Acungan jempol patut disampaikan kepada para pemuda yang tergabung dalam Komunitas Seni Bontomaranu Bima.

Koordinator Komunitas Seni Bontomaranu, Yadien. Foto: Ady

Berkat kreativitasnya mereka mendapatkan penghargaan dari Gubernur Propinsi NTB sebagai Pemuda Pelopor Terbaik II pada bidang sumber daya alam dan lingkungan.

Koordinator Komunitas Seni Bontomaranu, Yadien mengaku, tak menyangka mendapatkan penghargaan istimewa tersebut dari Gubernur NTB.

“Alhamdulillah, penghargaan ini untuk teman-teman yang konsisten terus belajar di komunitas,” kata Yadien kepada Kahaba, Kamis sore.

Dikatakannya, Sepanjang usia komunitas yang sebentar lagi menginjak 3 tahun banyak hal yabg sudah dilakukan. Terutama di bidang pengolahan sumber daya alam dan lingkungan.

Seperti membuat tas rajutan, membuat uma lengge dari sisa bambu, bingkai foto, gantungan kunci, keranjang dari bekal plastik dan sebagainya. Selain itu, komunitas juga telah melatih para pemuda dan masyarakat di beberapa titik seperti di Kecamatan Langgudu dan Sape.

“Pelatihan yang dilakukan diikuti oleh masyarakat umum. Mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu,” ungkapnya.

Bersama dengan rekan-rekannya di Komunitas, Yadien terus mendorong dan mendampingi kelompok masyarakat yang dilatih hingga mereka bisa. Bahkan ikut membantu memasarkan produk hasil kerajinan masyarakat.

Penghargaan yang diraih lanjutnya, akan menjadi motivasi untuk terus berkarya dan berinovasi memanfaatkan sumber daya alam di sekitar.

“Sekarang misalnya, sedang membuat gantungan kunci dari batok kelapa dan lampu hias belajar dari batok kelapa dan batang bambu,” tuturnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *