Banjir Genangi Desa Kore, 400 Warga Terdampak

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Bima, Jum’at (20/1) siang kembali menyebabkan banjir meluap di Desa Kore Kecamatan Sanggar. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat banjir ini.

Banjir di Desa Kore. Foto: Istimewa

Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima mencatat sedikitnya 400 warga Desa Kore terdampak akibat banjir tersebut. Luapan air menggenangi jalan raya maupun pemukiman masyarakat.

“Ketinggian air diperkirakan 60 hingga 80 centimeter menggenangi jalan, gang dan pemukiman,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Bima, HM Taufik Rusdi saat dihubungi Jum’at malam.

Mantan Sekretaris Dinas PU ini mengaku, luapan banjir sungai terdekat ini mulai terjadi sekitar Pukul 12.23 Wita. Penyebab luapan diindikasi karena tidak ada lagi pepohonan penahan air di gunung sekitar pemukiman.

“Langkah yang diambil BPBD yakni langsung turun ke lapangan dan melakukan pendataan,” akunya.

Selain itu kata dia, besok pagi rencananya BPBD akan menyalurkan logistik tanggap darurat yang dibutuhkan warga. Atas musibah ini, warga setempat menyampaikan aspirasi agar pemerintah daerah membuatkan saluran pembuangan air ke laut agar banjir tidak menggenangi pemukiman.

*Kahaba-03 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *