SMKN 4 Bima Kirim 150 Siswa Ikut Prakerin

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 150 siswa SMKN 4 Langgudu Kabupaten Bima saat ini tengah mengikuti Praktik Kerja Industri (Prakerin), pada sejumlah instansi pemerintah maupun perusahaan industri swasta.

Kepala SMKN 4 Langgudu Kabupaten Bima, M.Rifial Akbar. Foto: Eric

Kepala SMKN 4 Bima M. Rifial Akbar menjelaskan penyebaran siswa untuk program Prakerin guna membantu instansi dan perusahaan tempat siswa bekerja. Prakerin juga sekaligus sebagai wadah untuk siswa mengembangkan potensi diri, ketrampilan dan profesionalisme kerja.

“150 siswa mengikuti Prakerin tersebar pada tiga daerah, yaitu di Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima,” ujar Kepala SMKN 4 Bima M. Rifial Akbar kepada kahaba.net, Senin (23/1).

Diakuinya, siswa bekerja sesuai dengan disiplin ilmu yang didapatkan di bangku sekolah. Ia pun berharap Prakerin dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para peserta didik, sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan di lapangan.

“Prakerin menjadi gambaran dunia kerja yang akan dihadapi siswa nanti. Sehingga mampu mengisi kebutuhan dunia usaha,” katanya.

Sebagai salah satu subsistem pendidikan nasional yang bertujuan melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi kerja. Saat ini siswa SMK dituntut mampu mengembangkan potensi diri sesuai bakat minat masing-masing. Dengan begitu, mereka bisa berkompetisi saat memasuki dunia kerja.

“Kita harap siswa lulusan SMK yang telah mengikuti Prakerin nantinya menjadi insan tangguh, yang mampu menjawab tantangan dunia pembangunan,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *