Kabar Bima

Proyek Drainase tidak Ada Kejelasan, Aktifitas Warga Terganggu

243
×

Proyek Drainase tidak Ada Kejelasan, Aktifitas Warga Terganggu

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pekerjaan penggalian drainase pasca banjir bandang yang menerjang Kota Bima kini disorot warga. Pasalnya, penggalian tersebut malah memunculkan persoalan baru. Sudah hampir satu pekan proyek itu dibiarkan begitu saja tanpa penyelesaian.

Proyek Drainase tidak Ada Kejelasan, Aktifitas Warga Terganggu - Kabar Harian Bima
Drainase yang digali dan dibiarkan tanpa penyelesaian. Foto: Bin

Muhammad salah seorang warga Kelurahan Monggonao menyorot pekerjaan dimaksud. Karena sudah hampir satu pekan proyek drainase didepan rumahnya jalan Gajah Mada dibiarkan begitu saja, tanpa ada kejelasan.

Proyek Drainase tidak Ada Kejelasan, Aktifitas Warga Terganggu - Kabar Harian Bima

“Ini proyek itu kapan dimasukan gorong – gorong juga tidak jelas. Kondisinya dibiarkan begitu saja. Warga yang ingin beraktifitas keluar masuk rumah juga jadi terganggu,” sorotnya, Sabtu (28/1).

Kata Muhammad, berdasarkan pengakuan pekerja galian drainase itu. Proyek penggalian dan pemasangan gorong – gorong ditangani oleh orang yang berbeda. Setelah penggalian selesai, pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan gorong – gorong.

“Tapi sampai saat ini gorong – gorongnya belum juga dipasang. Sampai kapan ini dibiarkan begini kami juga tidak tahu,” kesalnya.

Kondisi penggalian drainase yang dibiarkan begitu juga sangat meresahkan warga. Selain menghambat aktifitas seperti pipa PDAM dan kabel Telkom yang terputus, juga masalah sampah yang jadi susah untuk diangkut oleh petugas kebersihan.

Untuk itu, sebagai masyarakat yang tinggal tepat didepan galian drainase itu, Muhammad berharap pemerintah untuk segera menyelesaikan pekerjaan dimaksud. Karena keberadaannya malah menyengsarakan warga sekitar.

Muhammad juga memberi saran kepada pihak pelaksana proyek itu agar membuat pintu air dan menempatkan petugasnya di beberapa titik tertentu. Apabila tidak dibuatkan pintu air, maka proyek itu percuma saja dibuat. Karena saat air meluap, maka material lumpur yang dibawa banjir akan kembali mengendap.

“Percuma saja jika tidak ada pintu airnya. Tidak ada yang bisa mendorong air yang tergenang dibawah gorong – gorong,” tambahnya.

*Kahaba-01