Kabar Bima

SAHUR dan ACT Kosambo Gotong Royong dan Bantu Masjid Darussalam Jatiwangi

236
×

SAHUR dan ACT Kosambo Gotong Royong dan Bantu Masjid Darussalam Jatiwangi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Rombongan Komunitas Sahabat H. Sutarman (SAHUR) dan anggota Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kosambo ramai – ramai membersihkan Masjid Darussalam Lingkungan Mekar Baru Kelurahan Jatiwangi, Minggu (29/1) pagi. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bakal Calon Walikota Bima H. Sutarman H. Masrun.

SAHUR dan ACT Kosambo Gotong Royong dan Bantu Masjid Darussalam Jatiwangi - Kabar Harian Bima
H. Sutarman menyerahkan sejumlah bantuan untuk Masjid Darussalam Jatiwangi. Foto: Bin

Kegiatan tersebut disambut baik warga setempat. Bahkan warga di Lingkungan Mekar Baru dibawah komando dua orang Ketua RT lingkungan itu mengerahkan warga agar sama – sama membantu gerakan yang di inisiasi oleh Komunitas SAHUR.

SAHUR dan ACT Kosambo Gotong Royong dan Bantu Masjid Darussalam Jatiwangi - Kabar Harian Bima

Sutarman juga turun tangan dan ambil bagian untuk membersihkan masjid yang terendam banjir setinggi dua meter tersebut. Pengusaha batu bara itu dengan alat pembersih lumpur membersihkan bagian – bagian masjid yang masih dipenuhi material sisa banjir.

Selain menggelar gotong royong membersihkan masjid, Komunitas SAHUR juga membawa bantuan untuk keperluan masjid terdampak banjir itu. Seperti alat pengeras suara lengkap dengan amplifier, Cat,  sapu dan sejumlah alat kebersihan lain untuk menjadi inventaris Masjid Darussalam serta air bersih untuk warga sekitar. Sutarman juga menyerahkan bantuan uang tunai untuk pengurus masjid itu.

H. Sutarman kepada media mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata perhatian SAHUR dan ACT Kosambo untuk rumah ibadah yang terdampak banjir. Sebab, berdasarkan hasil asessmen tim ACT Kosambo, masjid itu terbilang parah diterjang banjir bandang selama dua kali pada akhir Desember 2016 lalu.

Dijelaskannya, ia bersama SAHUR dan ACT Kosambo memang mendata sejumlah masjid yang butuh dibersihkan dan dibantu setelah banjir. Dari sekian banyak masjid yang terdampak, sudah tercatat beberapa masjid yang akan dibersihkan dan dibantu kebutuhannya.

SAHUR dan ACT Kosambo Gotong Royong dan Bantu Masjid Darussalam Jatiwangi - Kabar Harian Bima
H. Sutarman saat menyalurkan air bersih untuk warga. Foto: Bin

“Hari ini kita fokus dulu mengerjakan Masjid Darussalam. Beberapa hari kedepan kita akan melakukan hal yang sama untuk masjid yang sudah terdata dan harus diperhatikan serta dibantu,” ujarnya.

Diakui H. Sutarman, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan ACT Kosambo yang telah bergerak membantu para korban banjir. Juga menjadi program kerja sosial SAHUR yang telah dikukuhkan Sabtu kemarin.

“Kami berharap kegiatan ini bisa didukung oleh warga Kota Bima. Karena budaya gotong royong juga harus terus ditumbuhkan. Karena melakukan dengan bersama – sama itu akan mendapatkan hasil yang maksimal,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT 24 M. Saleh didampingi Suratman Ketua RT 25 menyampaikan ucapan terimakasih kepada SAHUR dan ACT Kosambo, lebih khususnya H. Sutarman yang telah menggerakkan semangat dan peduli terhadap korban banjir.

Terutama rumah ibadah di lingkungannya. Karena pasca banjir, semua inventaris Masjid tidak ada yang bisa diselamatkan. Banjir setinggi 2 meter telah menghanyutkan semua.

“Beruntung kami menerima kunjungan rombongan H. Sutarman. Pengeras suara sudah ada, begitu juga alat kebersihan untuk inventaris Masjid. Cat yang dibawa H. Sutarman ini akan segera kami pakai untuk memperbaharui warna masjid,” tuturnya.

*Kahaba-01