Petani Wawo Keluhkan Ketersediaan Pupuk Bersubsidi

Kabupaten Bima, Kahaba.- Petani di Kecamatan Wawo mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi. Petani menjadi kehawatiran, karena bisa mempengaruhi produktifitas hasil pertanian.

Ilustrasi

Abdullah Petani Desa Kambilo Kecamatan Wawo mengungkapkan, kondisi ini jelas membuat susah para petani. Terlebih saat ini telah memasuki waktu pemberian pupuk.

“Cari pupuk subsidi sulit sekali saat ini, kalau tidak dibeli bulan-bulan sebelumnya kami tidak memiliki pupuk,” ungkapnya, Senin (30/1).

Abdullah mengakui, kondisi kelangkaan pupuk selalu saja terjadi tiap tahun. Namun, dia dan petani lain tidak tahu pasti penyebab kelangkaan ini terus terjadi.

“Kelangkaan pupuk bersubsidi ini juga menyebabkan harga pupuk dijual diluar harga HET oleh oknum tertentu,” jelasnya.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten Bima mengambil kebijakan terkait persoalan kelangkaan pupuk bersubsidi ini.

“Kami mohon pemerintah mengatasi ini. Bercocok tanam ini merupakan mata pencaharian kami, apalagi kami merupakan petani musiman, kami tidak ingin kondisi ketidaktersediaan pupuk ini terus terjadi. Sebab, ini akan berpengaruh pada hasil pertanian,” pintanya.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *