HM Lutfi Paparkan Manfaat Program Kube kepada Penerima

Kota Bima, Kahaba.- Anggota DPR RI, H Muhammad Lutfi memaparkan tujuan dan manfaat Program Kelompok Usaha Bersama (KUBe) dan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) kepada penerima manfaat, Selasa (31/1) sore.

HM Lutfi saat memaparkan manfaat program KUBe kepada masyarakat penerima. Foto: Ady

Kegiatan ini dilaksanakan di Kediaman H Muhammad Lutfi di Lingkungan Kedo Kelurahan Jatiwangi. Dihadiri ratusan masyarakat Kota Bima penerima manfaat. Terdiri dari 25 Kube dan 3 Kelompok Rutilahu dari berbagai kelurahan.

Dalam pemaparannya, Anggota Komisi VIII kelahiran Bima ini mengatakan, sasaran program KUBe adalah penerima bantuan stimulant pemberdayaan, yakni para keluarga binaan sosial. Namun, kondisi usaha ekonomi produktifnya mengalami hambatan atau kegagalan dan memerlukan bantuan tambahan modal usaha.

Lutfi menjelaskan,  bahwa ada 25 kelompok KUBe yang akan menerima bantuan tahun 2017 ini.  25 kelompok juga sudah diberikannya tahun 2016 lalu.

“Ada 25 kelompok,  masing-masing kelompok menerima Rp 20 juta. Tiap kelompok beranggotakan 10 orang. Pertemuan ini selain silaturahmi juga untuk menjelaskan kepada kelompok penerima tentang anggaran KUBe dan bedah rumah,” ujarnya.

Anggaran KUBe tersebut merupakan aspirasi Lutfi selaku Anggota DPR RI Komisi VIII dapil NTB.  Anggaran itu bersumber dari Kementerian Sosial RI.

“Yang tidak tersentuh oleh pemerintah, itu yang saya kasih, agar tidak dobel. Karena pemerintah daerah juga terbatas anggarannya. Selain di Kota Bima,  saya juga memberikan anggaran kepada kelompok KUBe di Dompu,  Lotim. Loteng,  Kota Mataram dan lainnya  di seluruh NTB,” jelasnya.

HM Lutfi saat memaparkan manfaat program KUBe kepada masyarakat penerima. Foto: Ady

Selain itu,  menurut anggota DPR duta Partai Golkar yang saat ini sedang digadang untuk Bakal Calon Walikota  Bima itu,  bahwa ada juga anggaran untuk 30 rumah yang akan dibedah. Anggarannya  Rp 150 juta perkelompok, dan ada 10 rumah perkelompok,  yang masing-masing akan menerima Rp 15 juta.

“Bedah rumah ini berdasarkan yang kita data di lapangan,  diantaranya di Kelurahan Tanjung, Jatibaru dan Nitu, ” sebutnya.

Keberadaan Kube di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat menjadi sarana dalam meningkatkan usaha ekonomi produktif. Khususnya dalam peningkatan pendapatan masyarakat. Selain itu, kehadiran Kube merupakan media untuk meningkatkan motivasi masyarakat untuk lebih maju secara ekonomi dan sosial.

“Ini merupakan program stimulan dari Kementerian Sosial RI. Kebetulan saya di Komisi VIII membidangi masalah ini dan ikut memperjuangkannya,” kata wakil NTB yang sudah dua periode di Gedung Senayan ini.

KUBe yang mendapatkan bantuan stimulan dari pemerintah pusat tahu ini kata dia, sebelumnya telah dilakukan verifikasi pada tahun lalu dan dianggap telah memenuhi syarat maupun ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap melalui program ini ada peningkatan kemampuan berusaha para anggota KUBe secara bersama dalam kelompok, peningkatan pendapatan dan adanya pengembangan usaha berkelanjutan,” harap Politisi Partai Golkar ini.

Begitu juga bagi Kelompok Rutilahu diharapkannya, melalui bantuan yang dalam waktu dekat akan langsung ditransfer melalui rekening kelompok masing-masing bisa bermanfaat untuk membenahi rumah masyarakat sehingga kembali layak ditempati.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *