Wawali Bima Terima Kunjungan Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri RI

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota (Wawali) Bima, H A Rahman H Abidin menerima kunjungan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di ruang kerjanya, Rabu (1/2).

Wakil Walikota Bima saat menerima kunjungan Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri RI. Foto: Hum

Rombongan didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bima, Mariamah. Kedatangan rombongan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI ini bertujuan untuk membantu pelayanan dokumen dan data kependudukan yang hilang akibat banjir bandang yang terjadi akhir Desember tahun lalu.

Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, Benny Kamil selaku koordinator rombongan mengatakan bahwa timnya akan berada di Kota Bima selama dua hari.

Agenda yang dilakukan yakni mengevaluasi sekaligus melakukan perekaman ulang data kependudukan warga yang hilang terbawa banjir. Seperti KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan dokumen kependudukan lainnya. Perekaman dilakukan menggunakan sidik jari untuk meminimalisir kesalahan sekaligus penggunaan data kependudukan ganda.

“Berdasarkan laporan Dinas Dukcapil Kota Bima, akibat banjir bandang banyak warga yang kehilangan data kependudukan. Kami akan berupaya melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi warga untuk melakukan perekaman data kependudukan,” kata Benny Kamil dikutip dari rilis Bagian Humas Setda Kota Bima.

Ia juga meminta Dinas Dukcapil Kota Bima menyiapkan pegawai khusus yang menangani pekerjaan ini supaya ada keberlanjutan dan koordinasi yang kontinyu antara Dukcapil Kota Bima dan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Sementara itu, Wawali, H A Rahman menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih atas kedatangan Ditjen Dukcapil Kemendagri. Masyarakat Kota Bima merasa terbantu atas pelayanan dokumen data kependudukan tersebut.

“Saat banjir melanda, sebagian besar warga tidak sempat berpikir untuk menyelamatkan data kependudukan mereka. Terimakasih atas pendampingan dalam melayani data kependudukan warga Kota Bima. Semoga bermanfaat untuk Kota Bima,” harap Wawali.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *