Monev Komisi III Terkendala Data dari Tiap SKPD

Kota Bima, Kahaba.- Sejak pekan lalu, anggota DPRD Kota Bima ditiap komisi mendatangi sejumlah SKPD, dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev). Seperti Komisi III, sudah lima SKPD yang didatangi.

Monev Komisi III DPRD Kota Bima di Dinas PU dan Pertambangan. Foto: Bin

Hanya saja, saat kunjungan tersebut, Komisi III menemukan kendala seperti tidak adanya data yang disertakan oleh SKPD terkait. Sehingga berdampak pada susahnya mengevaluasi pelaksanaan program.

Ketua Komisi III DPRD Kota Bima Sudirman DJ mengatakan, mereka sudah mendatangi Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Statistik dan Kominfo. Hari ini, Senin (6/2) pihaknya mendatangi Dinas PU dan Pertambangan Kota Bima.

“Agenda Monev ini berjalan hingga hari Rabu pekan ini,” ujarnya.

Namun, kunjungan tersebut diakui duta Partai Gerindra terkendala data yang tidak bisa ditunjukan oleh masing – masing SKPD yang didatangi. Sehingga susah untuk bisa mengevaluasi dan memberi catatan pada program SKPD tersebut.

“Kita sebenarnya butuh data, tapi hampir pada semua Dinas tidak bisa menunjukan data. Termasuk realisasi penggunaan anggarannya,” terang Sudirman.

Ia mengungkapkan, hampir semua SKPD beralasan data sudah terbawa banjir. Namun Sudirman menilai alasan tersebut terlalu dibuat – buat, karena tiap SKPD juga pasti memiliki Backup data.

“Jadi tidak ada alasan data hilang. Kita meminta kepada SKPD tersebut untuk dalam beberapa hari kedepan bisa menyerahkan Backup data agar bisa kami evaluasi,” tegasnya.

Karena terkendala data sambung Sudirman, pihaknya belum bisa memberi gambaran secara umum hasil Monev Komisi tersebut. Sebab, SKPD juga rata – rata hanya menjelaskan secara lisan.

Kendati demikian, hasil Monev tersebut tetap akan dibahas pada tingkat Komisi, selanjutnya akan disampaikan pada paripurna.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU dan Pertambangan Kota Bima, Didi Fahdiansyah mengaku bangga dengan kedatangan para wakil rakyat tersebut. Pihaknya pun selalu siap menerima segala saran dan kritik untuk perbaikan kinerja kedepan.

“Kami siap diberi pembinaan. Catatan – catatan terhadap program kami akan terus kami benahi,” tuturnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *