BMKG Ingatkan Bahaya Angin Kencang

Kota Bima, Kahaba.- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bima mengeluarkan peringatan dini potensi angin kencang yang melanda wilayah Bima dan NTB hari ini, Selasa (7/2) mulai siang hingga malam hari.

Citra satelit BMKG menunjukan kondisi cuaca hari ini. Foto: Dok. BMKG

Dalam rilisnya BMKG menyebut, dari analisa angin gradien dan 850 mb terlihat adanya pusat tekanan rendah di perairan sebelah barat laut Australia dan Samudra Pasifik, sebelah timur Philipina. Daerah kumpulan angin memanjang dari pesisir selatan Sumatera Selatan, perairan sebelah selatan Jawa, laut Jawa sebelah utara Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, hingga perairan sebelah selatan NTT.

Daerah belokan angin, terlihat di Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, hingga Papua. Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitarnya.

“Angin gradien di Pulau Sumbawa dominan bertiup dari arah barat lalu dengan kecepatan maksimum hingga 25 knot. Waspadai angin kencang berdurasi singkat di wilayah Bima dan Dompu pada siang hingga malam hari,” ingat Kepala BMKG Bima, Daryatno dikutip dari rilis.

Informasi terbaru yang dikeluarkan BMKG juga mengingatkan angin kencang dengan kecapatan maksimum 70-90 Km/Jam pada pukul 12.00 wita di wilayah Kecamatan Soromandi, Kilo, Donggo, Dompu, Wawo, Sape, Manggalewa, Tambora. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul  18.00 Wita.

Angin kencang ini pula menyebabkan, tinggi gelombang laut lebih dari 2 meter di Perairan Utara Bima yakni 3,0 hingga 4,0 meter dan di Perairan Selatan Bima antara 4,0 hingga 5,0 meter . Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga 9 Februari mendatang.

Peringatan dini juga dikeluarkan BMKG Statiun Meteorologi BIL. Dampak dari kondisi cuaca di atas secara meteorologis perlu diwaspadai genangan air di wilayah Dompu, Sape, Bima dan sekitarnya.

Selain itu, perlu diwaspadai adanya pohon tumbang, papan reklame  roboh, dll,  di wilayah  Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah,  Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Dompu, Sape, Bima dan sekitarnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *