FUI Bima dan Walikota Bima Gelar Aksi Bela Ulama

Kota Bima, Kahaba.- Forum Umat Islam (FUI) Bima menggelar Aksi Jalan Sehat Bela Ulama pada hari Sabtu (11/2). Aksi diikuti oleh Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin, Ketua MUI Kabupaten Bima, Ketua MUI Kota Bima, serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat. Jalan sehat diawali dari Lapangan Serasuba dan berakhir di halaman bekas kantor Bupati Bima.

FUI dan Walikota Bima saat aksi bela ulama. Foto: Hum

Menurut Ketua FUI Bima Ust. Asikin bin Mansur, tujuan aksi ini adalah menggugah masyarakat Bima yang mayoritas muslim untuk membela agama namun tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komandan aksi dari unsur Brigade Masjid Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Burhanuddin AM, menjelaskan, aksi diikuti oleh kurang lebih 300 umat muslim dari wilayah Kota dan Kabupaten Bima.

“Aksi ini digagas oleh FUI Bima dan didukung penuh oleh MUI Kota dan Kabupaten Bima. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Bima dan Bima Kota untuk ketertiban dan keamanan acara,” katanya.

Pada kesempatan itu, Walikota menyampaikan dukungan atas pelaksanaan aksi dan bahkan ikut berjalan bersama peserta aksi. Disampaikannya, lebih dari 95 persen penduduk Kota Bima adalah kaum muslim. Berbagai dinamika dan isu keagamaan di negara ini selalu mendapat perhatian besar dari masyarakat Bima.

Dalam Aksi Bela Islam bulan November dan Desember 2016, umat Islam di Bima juga melaksanakan kegiatan bela Islam dalam bentuk pawai di dalam wilayah kota dengan tetap menjaga ketertiban.

“Saat umat Islam di wilayah lain terluka, umat Islam di Kota Bima juga tentunya merasa terluka. Saat ulama kami diganggu, tentunya kami juga merasa terganggu. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita berbahagia karena pada hari ini kita berkesempatan untuk bersilaturahim dalam aksi damai untuk membela ulama-ulama yang kita cintai,” kata Walikota.

Walikota menekankan, aksi yang dilaksanakan hari ini merupakan aksi damai dan mengedepankan prinsip menjaga keamanan dan ketertiban.

Aksi diakhiri dengan pembacaan deklarasi umat muslim Bima oleh Ketua MUI Kota Bima untuk membela dan menghormati agama dalam kerangka keutuhan NKRI yang ditandatangani bersama oleh seluruh peserta aksi termasuk Walikota.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *