Telkom Dorong Kota Bima Jadi Smart City

Kota Bima, Kahaba.- Telkom Bima juga memiliki komitmen untuk mendorong Kota Bima bisa berkembang menjadi daerah Smart City. Upaya tersebut akan diwujudkan dengan terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima.

Kepala Kantor Daerah Telkom Bima Firman Aroeboesman. Foto: Bin

Kepala Kantor Daerah Telkom Bima Firman Aroeboesman mengakui, Kamis (16/1) pihaknya menggelar sosialisasi Smart City di rumah makan BBA. Hadir juga pada pertemuan itu, pejabat di Dinas Kominfo Kota Bima.

Dari hasil pemaparan tentang Smart City, perwakilan Dinas Kominfo sangat tertarik tertarik untuk mengembangkan Smart City di Kota Bima.

Dijelaskannya, salah satunya mewujudkan Smart City di lingkungan pemerintah yakni dimulai penggunaan e-elektronik. Surat menyurat di lingkungan pemerintah sudah menggunakan elektronik.

“Jadi sudah tidak ada lagi surat menyurat dengan kertas. Tidak tanda tangan basah lagi, semua menggunakan elektronik dan online,” paparnya.

Tidak hanya itu, perkembangannya nanti, di tingkat kelurahan juga mulai menggunakan e-kelurahan. Selain soal surat menyurat dengan online, masyarakat yang urus KTP juga sudah bisa menggunakan cara online.

Menurut Firman, sekarang saatnya daerah melangkah ke tekhnologi. Bahkan Presiden RI Joko Widodo menginginkan pada tahun 2018 nanti sudah diterapkan e-ekonomi.

“Jadi kita juga ingin Kota Bima tidak tertinggal. Karena saya juag merasa memiliki tanggungjawab penuh untuk mendorong perkembangan daerah ini melangkah ke Smart City,” katanya.

Mewujudkan itu tentu harus bisa didukung penuh oleh semua pihak, termasuk Telkom. Malah Kota Bima tidak sulit untuk bisa secepatnya melangkah ke Smart City, sebab jaringan telekomunikasi sudah menggunakan fiber optic.

“Tinggal kita dorong saja, dengan catatan juga pemerintah harus serius mengembangkan ini,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *