Dinas Statistik Gelar Lokakarya dan Bimtek Pengembangan Data Statistik Sektoral

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Statistik Kota Bima menggelar Lokakarya dan Bimtek Pengembangan Data Statistik Sektoral Tingkat Kota Bima, Rabu (22/2) di aula kantor Walikota Bima.

Lokakarya dan Bimtek Pengembangan Data Statistik Sektoral. Foto: Hum

Acara dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra M. Farid. Hadir Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan Darwis, Kepala Dinas Statistik Kota Bima Imam Ahmad BP, 4 orang narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Menurut laporan Sekretaris Dinas Statistik Kota Bima Ridwan, peserta lokakarya dan bimtek berjumlah sesuai dengan Organisasi Perangkat Daerah yang ada yakni 34 orang. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 yakni lokakarya yang dilaksanakan pada hari Rabu (22/02) dan Bimtek yang dilaksanakan pada hari Kamis (23/02).

Sementara itu, M. Farid menjelaskan, diperlukan koordinasi yang baik dari seluruh elemen terkait untuk membangun sebuah sistem data yang lengkap.

“Ini bukan bukanlah pekerjaan yang mudah dan ringan. Dibutuhkan ketelitian dan koordinasi lintas sektor yakni kerjasama dan kolaborasi antara BPS, Dinas serta masyarakat sehingga tercipta basis data yang akurat, terkini dan terpercaya kualitasnya,” katanya.

Menurutnya tugas BPS adalah melakukan statistik dasar dengan indikator makro tapi untuk statistik sektoral dengan indikator mikro menjadi tugas SKPD. Peran ini yang ingin dikomunikasikan oleh Dinas Statistik, sehingga kedepan diharapkan Dinas Statistik dapat menjadi bank data daerah.

Apa yang dilaksanakan oleh Dinas Statistik menjadi langkah awal yang patut diapresiasi. Pertemuan ini menjadi upaya menyamakan persepsi mengenai apa saja yang menjadi tupoksi dari Dinas Statistik dan batasan tugasnya dengan dinas lain.

“Biasanya, pemahaman masyarakat bahwa data hanya disiapkan atau berasal dari BPS. Pandangan ini yang akan dikikis pelan-pelan. BPS menyiapkan data makro dan SKPD menyiapkan data mikro,” jelasnya.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *