FKUB Gelar Dialog Lintas Budaya, Agama dan Etnis

Kota Bima, Kahaba.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima kembali menggelar dialog lintas agama, budaya dan etnis, Sabtu (25/2) di aula kantor setempat. Kegiatan ini mengangkat tema “Merajut Persaudaraan, Mewujudkan Kota Bima yang Aman dan Rukun”.

Dialog Lintas Budaya dan yang digelar FKUB Kota Bima. Foto: Ady

Hadir dalam kegiatan ini, Kasubag Hukum dan KUB Kemenag NTB, Kepala Kemenag Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima. Sementara peserta melibatkan perwakilan ormas, tokoh lintas agama, budaya dan etnis di Kota Bima.

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar Z mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk memperlancar komunikaai antar ormas Islam dan tokoh lintas agama. Menumbuhkan wawasan multikuktur, sikap saling menghargai dan mempercayai di antara pemimpin maupun pemuka agama di Kota Bima.

Kemudian lanjutnya, menginventarisir kearifan-kearifan lokal yang dapat mendukung kerukunan umat beragama dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mungkin dapat mendorong atau kurang mendorong kerukunan umat beragama.

Melalui kegiatan dialog ini kata Eka, diharapkan terjalin hubungan yang lebih harmonis antara pemimpin agama dari agama yang berbeda, meningkatkan keterbukaan, saling pengertian, saling mempercayai, serta saling menghargai di antara pemimpin agama.

Materi lainnya juga disampaikan Kasubag Hukum dan KUB Kemenag NTB, H Suardi terkait kebijakan umum Pemerintah Daerah Propinsi NTB untuk meminimlisir Potensi Konflik Sara di NTB.

Sementara Kepala Kemenag Kota Bima, H Syahrir menyampaikan materi tentang upaya penanggulangan konflik Sara dalam perspektif agama. Setelah semua materi disampaikan dilanjutkan dengan dialog interaktif dengan peserta.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *