Akhir Maret, Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima Dimulai

Kabupaten Bima, Kahaba.- Perhelatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima rencananya akan dimulai pada 23 Maret hingga 13 April 2017 mendatang. Lomba dimulai dari desa Mawu Kecamatan Ambalawi dan berakhir di Desa Lewintana Kecamatan Soromandi pada 13 April 2017.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid. Foto: Noval

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid mengatakan, penilaian lomba desa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Perkembangan Desa dan Kelurahan. Diharapkan kepada masyarakat di desa-desa yang telah ditetapkan mewakili kecamatan agar mempersiapkan diri menghadapi ajang bergengsi tahunan dalam lomba desa ini.

Unsur Penilaian dalam lomba desa Tahun 2017 ini jelasnya, meliputi 14 indikator yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, penanggulangan kemiskinan, peningkataan kapasistas masyarakat, tanggap dan siaga bencana, inovasi, pelestarian adat dan budaya, tekhnologi informasi atau E-Goverment, dan inisiatif serta  kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat.

Desa-desa yang telah ditunjuk mewakili 18 kecamatan se-Kabupaten Bima dalam lomba desa 2017 yaitu Desa Mawu Kecamatan Ambalawi, Desa Mandala Kecamatan Wera, Desa Tanah Putih Kecamatan Sape, Desa Rato Kecamatan Lambu, Desa Pesa Kecamatan Wawo, Desa Kaowa Kecamatan Lambitu, Desa Pela Kecamatan Monta, Desa Kuta Kecamatan Parado, Desa Bre Kecamatan Palibelo, Desa Keli Kecamatan Woha, Desa Roka Kecamatan Belo, Desa Waworada Kecamatan Langgudu, Desa Rasabou Kecamatan Tambora, Desa Piong Kecamatan Sanggar, Desa Ndano Na’e Kecamatan Donggo, Desa Ndano Kecamatan Madapangga, Desa Leu Kecamatan Bolo dan Desa Lewintana Kecamatan Soromandi.

Armin mengatakan, penilaian lomba desa dilaksanakan lebih awal di akhir Maret hingga awal April 2017 untuk mempersiapkan sedini mungkin desa yang nantinya mewakili Kabupaten Bima pada lomba desa tingkat Provinsi NTB.

“Lomba desa tingkat propinsi sendiri akan dilaksanakan pada minggu kedua hingga minggu ke empat Mei 2017 dan lomba desa tingkat nasional pada Juni 2017,” terangnya.

*Kahaba-03/Hum?

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *