Ahmad Ditunjuk Ketua SAKA Pramuka Bhakti Husada

Kota Bima, Kahaba.- Acara pemilihan ketua Satuan Karya (SAKA) Pramuka Bhakti Husada, yang dihelat di aula SMAN 2 Kota Bima Jumat (10/3) berlangsung dengan khidmat.

Pelantikan Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada masa kerja 2017-2022. Foto: Eric

Dalam literatur, Satuan Karya (SAKA) Bhakti husada merupakan sebuah wadah Pramuka Penegak dan Pandega, yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang kesehatan. Dalam struktur organisasi, SAKA Bhakti Husada harus mempunyai kecakapan khusus yang terhimpun dalam krida.

“Mereka yang terpilih harus memiliki enam krida, yaitu krida bina keluarga sehat, bina gizi, bina obat, bina lingkungan sehat, penanggulangan penyakit dan bina perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ujar Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bima, Yun Kamaruddin.

Ia menjelaskan, SAKA Bhakti Husada bertugas dalam memberikan informasi dan edukasi atau hal lainnya yang berkaitan dengan misi kesehatan kepada anggota pramuka dan juga masyarakat. Sebab dalam menjalankan tugas dan fungsi, berdasarkan arahan langsung dari kementerian kesehatan.

Misi mulia SAKA Bhakti Husada jelasnya, berperan aktif melalui gerakan kepramukaan dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan generasi muda, khusus anggota pramuka. Serta aktif dalam memelihara dan meningkatkan menyampaikan informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan perorangan, keluarga dan lingkungan masyarakat.

Guna meningkatkan keterampilan generasi muda, lebih khusus anggota pramuka. Kemudian untuk kesinambungan pembinaan dan pengembangan anggota, sehingga perlu dikukuhkan kepengurusan pimpinan Satuan Karya Pramuka (SAKA) tingkat Kota Bima. Karena masa bhakti kepengurusan lama akan habis tahun ini, dan diperlukan adanya pelantikan pengurus baru untuk masa bhakti 2017-2022.

“Berdasarkan hasil pemilihan, terpilih Sekretaris Dikes Kota Bima Ahmad yang menjadi Ketua Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kota Bima masa kerja 2017-2022,” sebutnya.

Sementara itu Ketua terpilih Ahmad menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan. Dirinya berjanji akan menjalankan tugas dengan penuh disiplin, memajukan dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan pramuka.

“Saya akan menjalankan tugas ini dengan penuh amanah,” katanya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *