Kabar Bima

Dinas Koperindag Gelar Bimtek Koperasi Pola Syariah

232
×

Dinas Koperindag Gelar Bimtek Koperasi Pola Syariah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perkoperasian Pola Syariah bagi Gerakan Koperasi se–Kota Bima, Kamis (16/3) di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Bima. Bimtek dibuka Plt. Sekda Kota Bima Mukhtar Landa.

Dinas Koperindag Gelar Bimtek Koperasi Pola Syariah - Kabar Harian Bima
Bimtek Koperasi Pola Syariah. Foto: Hum

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperindag Nurjannah melaporkan, Bimtek bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengurus koperasi Usaha Simpan Pinjam (USP) atau Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sistem syariah dan USP/KSP sistem konvensional yang ingin beralih ke sistem syariah dalam mengelola usahanya sesuai prinsip-prinsip Islam.

Dinas Koperindag Gelar Bimtek Koperasi Pola Syariah - Kabar Harian Bima

Selain itu, menciptakan praktisi yang menjalankan usahanya sesuai syar’i, halal, baik dan bermanfaat dengan sistem bagi hasil dan tanpa riba, serta membangun potensi pengurus koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi anggotanya berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

“Kegiatan Bimtek berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 16 – 18 Maret 2017 diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari pengurus koperasi USP/KSP sistem syariah dan koperasi USP/KSP sistem konvensional yang akan beralih ke sistem syariah,” ujarnya.

Plt. Sekretaris Daerah dalam sambutannya menyampaikan, perkoperasian menggunakan pola syariah atau simpan pinjam syariah lebih dapat diterima oleh masyarakat Bima yang 95 persen, merupakan umat muslim dibandingkan dengan simpan pinjam konvensional.

“Koperasi konvensional berbeda dengan koperasi syariah. Koperasi konvensional menggunakan sistem bunga, sedangkan koperasi syariah menggunakan sistem bagi hasil,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengapresiasi Dinas Koperindag yang menyelenggarakan kegiatan Bimtek untuk memperluas wawasan para anggota gerakan koperasi.

Pada akhir sambutannya, Plt. Sekda berpesan kepada seluruh peserta Bimtek agar memperhatikan materi dengan seksama agar nantinya dapat diterapkan dalam pengelolaan koperasi masing-masing.

*Kahaba-01/Hum