Wartawan Bisa Manfaatkan PPID untuk Peroleh Informasi

Kabupaten Bima, Kahaba.- Keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada masing-masing SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bima berperan sebagai penyedia informasi publik. Tak hanya masyarakat umum, wartawan pun bisa memperoleh informasi dari PPID untuk kebutuhan berita.

Kabid Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Diskominfo Kabupaten Bima, Muslimin. Foto: Ady

Demikian disampaikan Kabid Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Diskominfo Kabupaten Bima, Muslimin kepada Kahaba.net, Selasa (21/3) saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Muslimin, PPID mempunyai kapasitas untuk menyampaikan informasi ke publik sesuai tugasnya. Bisa dibilang PPID merupakan humas SKPD. Sejak 2013 lalu, PPID telah terbentuk di semua SKPD di Kabupaten Bima. Bahkan hingga di tingkat pemerintah desa.

“Peran PPID selama ini sudah cukup bagus, meskipun harus terus ditingkatkan lagi. Terbukti setiap lomba pelayanan keterbukaan informasi publik, PPID Kabupaten Bima selalu meraih juara,” kata dia.

Namun lanjutnya, publik juga harus mengetahui ada tahapan yang mesti dilalui sebelum mendapatkan informasi di PPID sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, PPID menyediakan papan informasi mengenai alur pelayanan untuk mendapatkan informasi.

Muslimin berharap, kepada semua PPID agar dapat lebih meningkatkan tugas dan fungsi sebagai lembaga yang sudah ditugaskan untuk mengelola informasi. Sebab informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Ketika ada orang atau kelompok masyarakat dari mana pun yang ingin mendapatkan informasi tentang apapun, mohon agar SKPD dapat membantu sehingga tidak menemui kesulitan,” harapnya.

Untuk menunjang tugas PPID tersebut, Ia meminta adanya pro aktif dari SKPD untuk bekerjasama dengan PPID sehingga kebutuhan informasi yang diminta dan ingin disampaikan ke publik bisa terpenuhi dengan baik.

“PPID bisa melaksanakan fungsinya dengan maksimal apabila mendapatkan dukungan dari komponen SKPD. Karena suplai data dan informasi berasal dari SKPD,” ujarnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *