Peringatan Hari Rimbawan, LKH NTB Tanam Pohon di Raba Wawo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan (HBR) ke-34 tahun yang jatuh pada tanggal 16 Maret 2017, Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB menggelar kegiatan penanaman pohon di Desa Raba Kecamatan Wawo, Kamis (23/03).

Wakil Bupati Bima hadir saat peringatan Hari Rimbawan. Foto: Firman

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Asisten I Pemkot Bima, Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima, Anggota DPRD Kabupaten Bima, Muspika Kecamatan Wawo, Kades dan perwakilan masyarakat yang ada di Kecamatan Wawo.

Pada kesempatan HBR ini Kepala Dinas LKH Provinsi NTB Madani Mukaram menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas LKH NTB bersama KPH dimasing-masing daerah.

“Kemarin kita laksanakan di Sumbawa, hari ini di Kabupaten Bima yang di gagas oleh KPH Bima Dompu dan puncaknya nanti tanggal 30 Maret di Lotim,” sebutnya.

Tema sentral peringatan hari Bakhti Rimbawan ini adalah “Dengan Semangat Kerja Nyata, Rimbawan Indonesia Bertekad Menjaga Kelestarian Hutan untuk Meningkatkan Pembangunan Lingkungan Hidup Yang Berkelanjutan”. Sementara itu tema yang pelaksanaan hari ini yaitu “Rimbawan NTB Bertekad Menjaga Kelestarian Hutan Menuju Bima Berteman dan Ramah untuk NTB Gemilang”.

Madani juga mengajak pemerintah daerah untuk sama-sama menjaga dan melestarikan hutan, meskipun berdasarkan UU No 23 tahun 2014 kewenangan pengelolaan hutan sudah diberikan kepada pemerintah provinsi tidak lagi oleh pemerintah daerah.

Untuk anggaran penangulangan bencana Madani mengungkapkan, LKH Provinsi NTB mendapat anggaran Rp 62 M dari dana pusat. Rencananya sebanyak 600 hektar akan dilakukan penanaman pohon, kegiatan ini akan dilaksanakan tahun ini.

“Dukungan TNI/ Polri serta masyarakat sangat kami butuhkan, terlebih sebagian daerah yang ditanami merupakan lahan kawasan,” katanya.

Madani juga menambahkan, menanam satu pohon mempunyai  banyak manfaat yang dihasilkan diantaranya ada untuk mengendalikan mata air, erosi dan banjir. Untuk itu sangatlah penting untuk kita menanam pohon.

“Anggota KPH kami terbatas untuk itu dukungan dari masyarakat, pemuda dan semua komponen masyarakat dan sekaligus ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dan bumi kita ini sangat kami harapkan,” pintanya.

Kegiatan ini ditutup dengan acara simbolis yaitu berupa penananam sejumlah jenis tanaman oleh undangan yang hadir.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *