Kabar Bima

Dinas kominfo Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi

213
×

Dinas kominfo Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bima mengelar sosialisasi pemanfaatan sistem informasi E-Goverment, yang digelar di aula gedung PKK Kabupaten Bima Kamis (23/3). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh jajaran lingkup SKPD, dan berbagai elemen organisasi daerah.

Dinas kominfo Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi - Kabar Harian Bima
Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi. Foto: Eric

“Melalui sosialisasi E-Goverment ini, pemerintah daerah ingin mewujudkan tata kelola sistem informasi yang baik untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, guna mendukung program kegiatan pemerintah,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Bima Abdul Wahab.

Dinas kominfo Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi - Kabar Harian Bima

Kata Wahab, guna mensukseskan program pembangunan E-Government di Kabupaten Bima, arah kebijakan kepala daerah tentu merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan pada tiap SKPD.

Pemerintah juga mengingingkan SKPD dapat menyajikan dan memberikan informasi yang cepat dan tepat pada masyarakat, melalui pengembangan sistem pelayanan berbasis IT.

Menurut mantan kepala BPMDes itu, perkembangan tekhnologi setiap tahun semakin berkembang pesat. Bahkan diperkirakan dalam kurun waktu satu dekade mendatang, sistem informasi berbasis internet akan menjadi raja terdepan dalam menyampaikan informasi kepada publik.

“Mau tidak mau, suka ataupun tidak suka. Perkembangan tekhnologi menjadi bahan acuan, masyarakat dalam memperoleh informasi yang komplet. Baik yang berbasis data, maupun berbentuk elektronik,” bebernya.

Maka dari itu, sebagai tahap awal sosialisasi ini. Pemerintah daerah melalui Diskominfo mengharapkan kepada SKPD untuk mulai membangun jaringan intranet. Guna mempermudah akses informasi yang berkaitan dengan pelayanan umum kepada publik.

Dengan tersedianya data informasi, maka pemerintah daerah dapat menuju E-Goverment dalam beberapa tahun mendatang. Tentunya dengan tersedianya pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, melalui tersedianya informasi elektronik.

“Artinya masyarakat yang ingin mencari informasi, tidak perlu ke kantor. Karena dapat memperoleh informasi, melalui jaringan informasi internet,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan adanya keterbukaan dan transparansi informasi, maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan dapat menghilangkan rasa saling curiga antara masyarakat dan pemerintah, informasi dengan mudah di akses.

*Kahaba-04