Kades Maria Sampaikan LKPPD Dihadapan Paripurna BPD

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Maria melaksanakan paripurna penyampaian Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) tahun 2016 oleh kepala Desa Maria, Kamis (30/3).

LKPPD Kades Maria Dihadapan Paripurna BPD. Foto: Firman

Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor desa setempat dihadiri pemerintah kecamatan, pendamping desa, LPMD dan perwakilan dari masyarakat desa.

Kepala Desa Maria Nurdin HM Saleh memaparkan sejumlah program yang dilaksanakan selama tahun 2016, baik aspek penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pemberdayaan maupun aspek pembinaan.

Perwakilan masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini setelah mendengarkan penyampaian dari kepala desa menyampaikan masukan dan saran. Imran misalnya, memberikan pandangan tentang aspek pembangunan desa pada tahun 2016.

Dia menilai, pekerjaan fisik tahun 2016 terlalu banyak sehingga hasilnya kurang baik. Kedepan dia berharap pekerjaan fisik dikurangi untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

“Sedikit tapi berkualitas dan tuntas dari pada banyak, kurang baik dan pekerjaanya tidak tuntas,” sorotnya.

Imran juga berharap dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintah kedepan pelibatan masyarakat harus dari awal sampai akhir baik itu pada aspek perencanaan, pelaksanaan maupun pertangungjawaban. Jangan hanya pada proses perencanaan dan pertangungjawaban.

Warga lain, Irfan mengkritik peran BPD yang tidak maksimal dalam melakukan pengawasan. Dia berharap BPD perannya kedepan maksimal dalam aspek pengawasan, sehingga penyelenggaraan pemerintah Desa Maria berjalan dengan baik dan seimbang.

Menanggapi masukan dan sorotan warga, Kepala Desa Maria mengatakan, pekerjaan fisik yang dilaksanakan semuanya sesuai dengan RAB. Bahkan ada pekerjaan yang dilebihkan dari RAB. Nurdin juga mengatakan kedepan akan terus dibenahi, tapi tidak terlepas dari dukungan masyarakat.

“Tanpa masyarakat kami bukan siapa-siapa, sepintar apapun seorang kades tidak ada artinya tanpa dukungan masyarakat,” katanya.

Nurdin juga berharap kepada masyarakat tidak sekedar menyampaikan kritik, tapi juga mampu menawarkan solusi.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *