Kabar Bima

Diklat Instruktur Penguatan Karakter, Arahman: yang Utama Saat ini Masalah Disiplin

194
×

Diklat Instruktur Penguatan Karakter, Arahman: yang Utama Saat ini Masalah Disiplin

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin, secara resmi membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Instruktur Gerakan Penguatan Karakter Masyarakat yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB, Senin (3/4) di aula SMKN 3 Kota Bima.

 

Diklat Instruktur Penguatan Karakter, Arahman: yang Utama Saat ini Masalah Disiplin - Kabar Harian Bima
Diklat Instruktur Penguatan Karakter, Arahman: yang Utama Saat ini Masalah Disiplin - Kabar Harian Bima
Wakil Walikota saat menyampaikan sambutan pada acara Diklat Instruktur Penguatan Karakter. Foto: Hum

Sementara itu, Wakil Walikota menyampaikan apresiasi kepada LPMP NTB. Ia mengingatkan, pembangunan karakter memang harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, tidak hanya guru. Keberadaan rumah karakter diharapkan mampu menggugah partisipasi masyarakat untuk bersama-sama berubah menjadi lebih disiplin.

“Permasalahan kita yang utama saat ini adalah masalah disiplin,” sebutnya.

Dirinya mencontohkan sesuatu yang sederhana, seperti kepatuhan terhadap rambu lalu lintas sangat rendah. Kemudian kebiasaan mengantri juga sangat jarang dipraktekkan.

Wakil Walikota mengingatkan para guru dan orangtua agar mengutamakan pendidikan disiplin kepada anak. Karena para guru di negara maju lebih takut anak-anak tidak bisa mengantri daripada tidak bisa matematika.

Sambungnya, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kebiasaan mengantri. Misalnya, jika ingin mendapat tempat di depan atau dilayani lebih dulu, maka ia akan datang lebih cepat.

“Ada pelajaran manajemen waktu di situ. Anak-anak juga bisa belajar sabar dan tidak merampas hak atau giliran orang lain,” kata Wakil Walikota.

Arahman berharap para orangtua dan guru juga bisa menjadi contoh bagi anak-anak dalam penerapan perilaku disiplin dan taat hukum.

Sebelumnya, Ketua LPMP NTB H. Muhammad Irfan dalam laporannya mengatakan, diklat diikuti 125 peserta dan 50 fasilitator yang tergabung dalam tim 50, yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan di Mataram tanggal 18-22 Maret 2017.

“Diklat akan dilangsungkan selama 3 hari yaitu tanggal 3-5 April 2017. Kegiatan ini merupakan bagian dari program untuk mewujudkan misi LPMP NTB menjadikan Kota Bima sebagai pilot project penguatan karakter pada siswa dan masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, LPMP telah membentuk Rumah Karakter yang berlokasi di lima Kecamatan di Kota Bima, yang akan menjadi wadah pertemuan dan penyusunan program-program penguatan karakter serta identifikasi masalah.

*Kahaba-01/Hum