TP PKK Kota Bima Tandatangan MoU Pemanfatan Pekarangan

Kota Bima, Kahaba.- Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina HM. Qurais bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Syamsuddin menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding) tentang pemanfaatan pekarangan melalui gerakan Tanam Cabe Terintegrasi Unggas (Tancab Gas) melalui program “Hatinya PKK” dan Pengembangan Pangan Lokal.

Penandatangan MoU Pemanfatan Pekarangan. Foto: Hum

Kesepakatan yang disaksikan Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin itu dimaksudkan sebagai acuan sinergi pelaksanaan program untuk hasil yang optimal dalam pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan.

Ketua TP PKK Kota Bima menjelaskan, kesepakatan bersama ini diutamakan untuk percepatan penganekaragaman pangan yang meliputi promosi, kampanye dan sosialisasi dalam rangka penyadaran dan peningkatan peran serta masyarakat.

Ruang lingkup lainnya yaitu, memberikan pendidikan dan penyuluhan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA). Fasilitasi kelompok atau masyarakat dalam rangka mendukung optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan pengembangan pangan lokal. Kemudian fasilitasi tiap kepala keluarga dalam pengembangan budidaya tanaman, serta upaya-upaya lain yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga.

“Ini sesuai dengan program pokok PKK, khususnya pada Program Pangan. Salah satu Misi PKK antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, serta peningkatan pemanfaatan pekarangan melalui “Hatinya PKK” (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman), sandang dan perumahan serta tata laksana rumah tangga yang sehat,” jelas Yani.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam program ketahanan pangan yang perlu diperhatikan adalah pengenalan potensi sumber pangan di sekitar kita yakni pemanfaatan pekarangan. Mengingat fungsi pekarangan itu begitu luas yakni Lumbung Pangan Keluarga, Apotik Hidup (Tanaman Obat Keluarga – TOGA), Warung Hidup dan Bank Hidup.

“Semua fungsi itu sangat membantu keluarga saat kekurangan, baik itu kekurangan karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi perbaikan gizi keluarga,” paparnya.

Setelah penandatanganan MoU, secara simbolis Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima, Ketua Iswara Kota Bima serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan melakukan penanaman cabe secara simbolis pada wadah tanam.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *