Wakil Walikota Buka Lomba Cipta Menu B2SA

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin, Rabu (5/4) pagi membuka acara lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Bima. Kegiatan ini dipusatkan di Halaman Kantor Pemkot Lama dan merupakan kerjasama antara Dinas Ketahanan Pangan dan TP PKK Kota Bima.

Ragam pangan lokal olahan yang ditampilkan dalam lomba. Foto: Ady

Nampak hadir dalam acara ini, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, para Kepala Dinas, Kepala Bagian, Camat, Lurah, Ketua TP PKK Kota Bima (Hj Yani Marlina HM Qurais) beserta jajaran, Ketua GOW Kota Bima (Hj Badariah Eka Wati H Arahman) beserta jajaran, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten dan Kota Bima, Ketua Organisasi Wanita se-Kota Bima.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Syamsudin dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pangan beragam dan bergizi seimbang dengan memanfaatkan potensi pangan lokal yang ada disekitar rumah.

Adapun peserta lomba yaitu dari TP PKK Kelurahan yang berjumlah 38 Kelurahan. Lomba ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Bima ke-15 yang mengangkat tema “Dengan Semangat HUT Ke-15 Kota Bima Kita Tingkatkan Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Pagan Alteratif Melalui Tancab Gas (Tanam Cabe Teritegrasi Unggas) Dihatinya PKK”.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin mengatakan, ketahanan pangan keluarga merupakan hal yang sangat penting dan strategis, mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia paling utama.

Karena itu pemenuhan pangan keluarga disamping harus dalam jumlah yang cukup, juga harus kita perhatikan bahwa jenis pangan yang disajikan untuk keluarga itu harus pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Dan ini merupakan bagian dari hak asasi individu dan merupakan pula komponen dasar untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas,” jelasnya.

H Arahman memaparkan, berbagai penelitian membuktikan tidak ada satupun jenis pangan yang lengkap kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk itu, olehnya sangat penting bagi kita untuk menyajikan menu pangan keluarga itu dalam komponen yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman itu lanjutnya, bukan pangan yang harganya mahal tapi pangan yang sumbernya berasal dari pangan lokal yang jenisya harus beragam.

“Bukan beras saja, misalnya bisa pula kita padukan dengan jagug, ubi sebagai mana kebiasaan orang-orang tua kita di Bima ini dahulu, ada ikan atau telur sebagi sumber protein dan sayuran serta buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineralnya,” jelas dia.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *