Kota Bima Raih Penghargaan Pangripta Nusantara

Kota Bima, Kahaba.- Kota Bima meraih penghargaan Pangripta Nusantara terbaik pertama di NTB kategori perencanaan inovatif. Anugerah Pangripta Nusantara merupakan bentuk apresiasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas atas kinerja Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan.

Wakil Walikota Bima (Tengah) menerima penghargaan Pangripta Nusantara. Foto: Hum

Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin melalui siaran persnya mengatakan, anugerah Pangripta Nusantara untuk Kota Bima diterima oleh Wakil Walikota H. Arahman H. Abidin, dari Gubernur NTB H. Zainul Majdi, pada pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi NTB, Kamis (6/4).

Dijelaskannya, pemberian Anugerah Pangripta Nusantara telah berlangsung sejak tahun 2011. Proses seleksi serta indikator penilaian terus disempurnakan dari tahun ketahun. Pejabat Eselon I dan II Kementerian PPN atau Bappenas serta Tim Penilai Independen yang beranggotakan para ahli lintas bidang bertugas untuk menyeleksi provinsi, kabupaten dan kota dengan menilai dokumen perencanaan dan proses perencanaan pembangunan.

Untuk Provinsi, memiliki tiga kategori, yakni Provinsi dengan Perencanaan Terbaik, Provinsi dengan Perencanaan Inovatif, Provinsi dengan Perencanaan Progresif. Kemudian Kabupaten dan Kota memiliki dua kategori, yaitu Kabupaten Kota dengan Perencanaan Terbaik, dan Kabupaten Kota dengan Perencanaan Inovatif.

Kategori dengan Perencanaan Terbaik dinilai dengan menggunakan dua belas parameter, yaitu keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, inovasi kebijakan, proses perencanaan dari bawah (bottom up), proses perencanaan dari atas (top down), proses perencanaan teknokratik, proses perencanaan politik, inovasi proses dan program daerah, tampilan dan materi presentasi, serta kemampuan presentasi dan penugasan materi.

Kategori Perencanaan Progresif ditetapkan berdasarkan konsistensi naiknya nilai total seluruh parameter perencanaan selama tiga tahun terakhir dan nilai peningkatan total terbesar. Kategori Perencanaan Inovatif ditetapkan dengan kriteria inovasi kebijakan dan inovasi proses dan program daerah.

Kata dia, Wakil Walikota Bima berharap penghargaan ini menjadi indikasi baik untuk peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang merupakan integrasi dari sitem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *