Jadi Irup Upacara HUT Kota Bima, Menpan RB Ajak ASN Tingkatkan Derajat Kehidupan Masyarakat

Kota Bima, Kahaba.- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI Asman Abnur menjadi Inspektur Upacara (Irup) saat upacara HUT Kota Bima ke-15 di halaman Kantor Walikota Bima, Senin (10/4).

Menpan RB Asman Abnur saat membacakan amanat pada Upacara HUT Kota Bima ke-15. Foto: Bin

Pada kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan ucapan selamat HUT Kota Bima yang ke-15. Usia yang relatif masih muda jika dihitung dari sejak dimekarkan pada tahun 2002. Pada ulang tahun kali ini, diambil tema “Peningkatan Kinerja dan Daya Saing Untuk Mewujudkan Kota Bima yang Maju dan Sejahtera”.

Dalam amanatnya, Asman menuturkan, sangat baik menetapkan target besar untuk mewujudkan Kota Bima yang maju dan sejahtera. Tanpa target jelas yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan, maka tidak akan memiliki fokus dalam pembangunan. Namun, upaya mewujudkan kota Bima yang maju dan sejahtera masyarakatnya bukan merupakan upaya yang mudah.

“Potensi Kota Bima untuk menjadi kota yang maju sebenarnya sangat besar, mengingat kota ini dekat dengan pusat pariwisata di Bali. Para wisatawan selalu akan mencari kesempatan untuk mengunjungi daerah-daerah lain sekitar Bali untuk memanfaatkan kunjungan mereka disana,” ujarnya.

Menurut Asman, kunci utama untuk mengubah Kota Bima menjadi kota yang maju terletak pada upaya kerja keras pemerintah untuk mendorong kemajuan masyarakat di Kota Bima. Yang ia maksud kerja keras adalah tidak bisa bekerja dengan cara-cara seperti sekarang ini. Perlu terobosan, inovasi dan perubahan budaya kerja di seluruh jajaran pemerintahan.

ASN saat mengikuti Upacara HUT Kota Bima ke-15. Foto: Bin

Karena itu, dirinya mendorong seluruh jajaran pemerintah Kota Bima untuk melakukan langkah-langkah revolusi mental. Langkah-langkah itu mulai dari diri sendiri, dari lingkungan yang terkecil, dari mulai yang paling mudah dan bisa kita lakukan, seta mulai dari sekarang. Tidak perlu ditunda-tunda.

Sebelum mengakhiri sambutan dirinya mengajak seluruh jajaran pegawai, staf pelaksana, pejabat struktural dari tingkatan eselon II sampai dengan eselon IV untuk lebih bekerja keras membangun Kota Bima. Jadikan ulang tahun Kota Bima ke-15 ini sebagai momentum kebangkitan pemerintah daerah dan masyarakat Kota Bima.

“Mari bekerjasama bahu membahu untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat serta keunggulan para generasi muda yang mampu berkiprah tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional dan internasional,” ajaknya.

Pada upacara tersebut, hadir Walikota dan Wakil Walikota Bima, Ketua DPRD Kota Bima dan anggota, Ketua Pengadilan Negeri Raba – Bima, Kapolres Bima Kota. Sementara tamu dari pusat antara lain Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) Kementerian PAN RB M. Yusuf Ateh, Direktur Penanganan Pengungsi Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Taufik Kartiko, serta anggota DPR RI H. Zulkieflimansyah, dan Wardatul Asriah.

Walikota dan Wakil Walikota Bima saat upacara HUT Kota Bima ke-15. Foto: Bin

Dari Provinsi NTB, hadir Wakil Gubernur NTB, Kepala BPKP Perwakilan NTB, Danlantamal Mataram Kolonel (Mar) Suhono, Komandan Lanud Rembiga Kolonel Pnb Bambang Gunarto, serta dua orang anggota DPRD Provinsi NTB.

Kepala Daerah Kota dan Kabupaten se-NTB yang hadir antara lain Bupati Bima, Wakil Bupati Dompu, Sekda Sumbawa serta Asisten III Sumbawa Barat.

Perwakilan organisasi pemuda, kepala sekolah, pengawas dan dewan pendidikan, Camat, Lurah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Bima, unsur organisasi wanita, veteran, pimpinan BUMN/BUMD, perwakilan instansi vertikal, serta para pengusaha turut menempati tenda undangan.

Peserta upacara berasal dari unsur Kepolisian, Brimob, TNI, Kompi Senapan A, serta ASN Pemerintah Kota Bima. Sebelum upacara, ditampilkan tarian kolosal oleh kelompok seni Sekolah Dasar.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *