PLUT Diresmikan, Telkom Dukung Perkembangan UKM dengan ICT

Kota Bima, Kahaba.- Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi Perindustrian dan  Perdagangan (Koperindag) Kota Bima, diresmikan bertepatan dengan HUT Kota Bima, Senin (10/4). Hadir juga pada peresmian tersebut, jajaran dari Telkom Indonesia masing-masing EVP Devisi Regional V Suparwiyanto dan GM Witel NTB, B. Hendrianto.

EVP Devisi Regional V Suparwiyanto. Foto: Bin

Suparwiyanto dalam sambutannya menjelaskan, peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dewasa ini menjadi sangat penting. Apalagi memasuki era MEA, meliputi perdagangan barnag, jasa dan investasi, merupakan tantangan UKM. Untuk itu, perlu mendapat perhatian dari semua pihak, baik unsur pemerintah maupun pelaku UKM dan masyarakat.

“Semua pihak diharapkan dapat mendukung strategi penguatan pasar dalam negeri dan secara bersamaan menyiapkan UKM untuk mampu bersaing,” ujarnya.

Dari Telkom sendiri katanya, siap mengambil peran utama dan memberikan suport untuk pemerintah dalam memberdayakan UKM. Agar UKM menjadi usaha yang maju, modern, mandiri, dalam menghadapi era yang serba kompetitif.

Bentuk dukungan yang akan diberikan sambung Parwi, sapaan akrabnya, pihaknya akan berkolaborasi pada strategi marketing, dengan masuk menggunakan Information and Communication Technology (ICT). Karena dengan ICT, UKM mampu membuka akses pasar dan menunjukan progres yang menggembirakan.

“ICT mampu meningkatkan kreativitas pelaku UKM dengan sejumlah aplikasi komersil. Seperti pembuatan website, bisnis online, dan sejumlah tawaran aplikasi media sosial lain. Keberadaan ICT akan berdampak pada pertumbuhan bisnis,” katanya.

Penyerahan MoU kerjasama Telkom dan Dinas Koperindag Kota Bima saat peresmian PLUT. Foto: Bin

Menurut Parwi, Telkom akan konsen memberikan dukungan pada perkembangan UKM di Indonesia, termasuk Kota Bima. Juga menjadi kewajiban Telkom untuk mendukung UKM dengan memanfaatkan ICT, agar semakin kreatif dan inovatif.

Ia menambahkan, strategi Telkom menggarap pasar UKM dengan menerapkan pola seperti penyediaan jaringan telepon dan internet dengan menyediakan akses wi-fi diberbagai lokasi termasuk sentra bisnis. Kemudian Content yaitu aplikasi sesuai kebutuhan UKM serta penyediaan website.

Sebelumnya, Walikota Bima yang diwakili Asisten III H. Syamsuddin sebelum meresmikan PLUT Kota Bima mengatakan, pembangunan gedung PLUT oleh Kementrian Koperasi dan UKM. Pembangunannya menggunakan DIPA Tugas Pembantuan tahun 2014. Selanjutanya, aset gedung tersebut akan dihibahkan kepada Pemerintah Kota Bima.

Dijelaskannya, PLUT sebagai klinik bisnis yang berada dibawah koordinasi pemerintah daerah diharapkan dapat berperan dalam pendampingan UKM untuk peningkatan produktifitas dan daya saing di pasar lokal maupun global.

“Kami berharap, dalam melaksanakan perannya, PLUT dapat bersinergi dalam rangka memperluas optimalisasi peran dan persaingan kedepan,” harapnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *