Menpan RB Ingatkan Pimpinan OPD tidak Terlena dengan Fasilitas Kantor

Kota Bima, Kahaba.- Seluruh jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus aktif memimpin perubahan. Pimpinan OPD di pemerintah daerah adalah “para menteri kecil” yang menjadi jajaran kabinet walikota dan menjalankan sebagian tugas dan fungsi walikota. (Baca. Jadi Irup Upacara HUT Kota Bima, Menpan RB Ajak ASN Tingkatkan Derajat Kehidupan Masyarakat)

Menpan-RB RI Asman Abnur saat jadi Irup pada Upacara HUT Kota Bima ke-15. Foto Bin

Demikian beberapa kalimat penting yang juga disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, saat menyampaikan amanat pada upacara HUT Kota Bima ke-15 di halaman Kantor Walikota Bima, Senin (10/4).

Karena itu kata dia, seluruh jajaran pimpinan OPD harus turut aktif melakukan perubahan untuk memajukan Kota Bima. Pimpin seluruh staf untuk bekerja dalam tim, aktif mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat, dan secara terus menerus mencari terobosan dan inovasi-inovasi untuk memperbaiki kinerja dan kualitas pelayanan. (Baca. Jadi Pemimpin Harus Menjadi Pelayan, Bukan Berkuasa)

“Pimpinan OPD tidak boleh terlena dengan fasilitas kantor yang diberikan. Tapi harus kerja keras mewujudkan target-target yang diberikan oleh pimpinan daerah,” tegasnya.

Tidak hanya itu sambung mantan Wakil Walikota Batam itu, harus ada sinergi antara seluruh OPD dalam mewujudkan target-target pembangunan. Untuk mewujudkan Kota Bima yang maju, harus dilakukan secara sinergi yang melibatkan seluruh OPD. Seluruh OPD harus bekerjasama dengan baik, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Satu langkah yang dilakukan OPD tertentu, akan memperkuat langkah yang akan dilakukan oleh OPD yang lain. Sebagai contoh, jika ingin meningkatkan kunjungan wisatawan ke satu lokasi tertentu, sebelum lokasi itu diperindah dan dilengkapi dengan sarana prasana yang baik oleh Dinas Pariwisata, maka terlebih dahulu harus dibuka akses jalan yang dilakukan oleh Dinas PU, dan penyediaan transportasi oleh Dinas Perhubungan, dan hal-hal lainnya oleh OPD yang terkait.

“Jadi, terlihat betul koordinasi oleh seluruh OPD dalam memajukan Kota Bima,” ungkapnya.

Menurut Menpan RB, untuk membangun pemerintahan yang bersinergi, memang semua jajaran pimpinan harus menyingkirkan sikap ego sektoral, menghormati peran OPD lain dan mengedepankan kepentingan publik.

Dirinya pun yakin, langkah-langkah kerja keras tersebut jika dilakukan secara konsisten dan penuh komitmen, maka dalam lima atau sepuluh tahun mendatang Kota Bima akan menjadi kota maju dan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *