Tidak Rapat Terbuka LKPPD Kades, Kinerja BPD Desa Kambilo Dipertanyakan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sikap Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kambilo selama tiga tahun terakhir yang tidak mau mengelar rapat terbuka untuk mendengarkan penyampaian Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) Desa Kambilo, menuai tudingan miring dari masyarakat.

Ilustrasi Alokasi Dana Desa

Alan, masyarakat setempat mengatakan, selama 3 tahun BPD Desa Kambilo tidak mau mengadakan pleno terbuka untuk mendengarkan penyampaian pertanggungjawaban kades. Padahal BPD sebelumnya selalu mengelar kegiatan tersebut.

“Anggaran dana desa dulu waktu jumlahnya sedikit digelar LKPPD terbuka. Sekarang dana desa sudah miliaran, malah tidak mau menggelar rapat terbuka,” sorotnya, Selasa (11/04).

Alan juga menilai sikap BPD saat ini bertentangan dengan asas transparasi penyelenggaraan pemerintah desa dan keterbukaan informasi publik. Sikap BDD juga ini menimbulkan pertanyaan dari masyarakat, bahkan menguatkan dugaan sesuatu yang disembunyikan atau ditutup-tutupi antara BPD dan Pemdes.

“Masyarakat berhak tahu, jangan ditutup tutupi. Karena banyak yang menurut kami janggal dalam pelaksanaan pemerintahan,” duganya.

Sekertaris BPD Desa Kambilo Ikhsan yang konfirmasi mengatakan, rencana penyampaian LKPPD sudah disampaikan kepada ketua dan akan digelar dalam waktu dekat.

“Tahun-tahun sebelumnya tidak digelar sebaiknya konfirmasi langsung kepada ketua BPD,” sarannya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Kambilo yang coba dikonfirmasi melalui nomor selulernya tidak bisa dihubungi.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *