Hasil Akreditasi LAMPTkes Keluar, Akbid Harapan Bunda Siap Tingkatkan Kualitas

Kota Bima, Kahaba.- Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) Pusat, akhirnya merilis hasil akreditasi seluruh badan maupun Akademi Kebidanan (Akbid) di Indonesia. Salah satunya kampus Akbid Harapan Bunda  Bima, yang mendapat nilai akreditasi C dari lembaga pusat tersebut.

Direktur Akbid Harapan Bunda Bima Maya Febrianti. Foto: Eric

“Alhamdulillah, setelah melalui proses yang cukup panjang. Setelah diperiksa langsung dan dievaluasi oleh LAMPTkes Jakarta, Akbid Harapan Bunda Bima mendapat nilai C berdasarkan SK:0178/LAMPETEKS/AKR/DIP/IV/2017,” ujar Direktur Akbid Harapan Bunda Bima, Maya Febrianti Sabtu (15/4).

Berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku kata dia, akreditasi tersebut merupakan upaya untuk memenuhi syarat perundang-undangan, tentang perguruan tinggi tenaga kesehatan dan status akreditasi. Sekaligus merupakan cermin kinerja perguruan tinggi tenaga kesehatan di Indonesia pada umumnya. Untuk melihat mutu, efisiensi, serta relevansi program studi yang telah diselenggarakan.

LAMPETKes telah datang langsung di kampus Akbid Harapan Bunda pada bulan Januari lalu, untuk melihat sejauh mana proses penyelenggaraan kampus telah dilakukan. Mulai dari verifikasi, validasi serta melengkapi data dan informasi yang telah disiapkan oleh kampus dalam bentuk portofolio maupun dokumen.

“Melalui proses itu kampus telah menyerahkan semua dokumen untuk diperiksa, meskipun masih ada beberapa yang kurang akibat diterjang banjir bandang. Namun penilai paham dan mengerti, atas musibah yang terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut Maya menjelaskan, setelah hasil akreditasi itu telah diterbitkan. Selanjutnya pihak kampus beserta jajaran, tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas kampus setiap tahunnya. Agar dalam lima tahun mendatang, kampus setempat bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan tahun ini.

“Seluruh jajaran kampus dan civitas siap bekerja maksimal, dengan meningkatkan berbagai fasilitas dan pelayanan. Mulai dari sarana dan prasarana pendidikan, mutu pengajar dan mahasiswa serta penyiapan dokumen penyelenggaraan program kegiatan,” bebernya.

Ditambahkan Maya, turut mengucapkan terima kasih atas kegiatan asesmen lapangan oleh tim asesor LAMPTKes Jakarta. Atas nama jajaran yayasan dan kampus, dirinya mengucapkan terima kasih kepada tim asesor LAMPTkes yang melaksanakan tugas penilaian. Juga turut mengucapkan penghargaan kepada segenap jajaran pegawai, dosen dan civitas akademika yang telah mendukung proses akreditasi lapangan dapat berjalan  dengan baik.

“Untuk itu semoga Akbid dalam tiga tahun kedepan akan melakukan berbagai perbaikan, agar mendapatkan hasil akreditasi yang diharapkan,” tandasnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *