Diklat Pengolahan PUD Bagi UMKM se-Kabupaten Bima Digelar

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bima menggelar diklat pengolahan Produk Unggulan Daerah (PUD) bagi UMKM se-Kabupaten Bima, di Aula Hotel La Ila Kota Bima, Senin (17/4).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima Hj. Maesyarah pada Diklat PUD. Foto: Eric

Kegiatan yang rencananya digelar selama 3 hari, mulai hari Senin hingga Rabu (17-19/4) itu dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima H. Nurdin.

H. Nurdin dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya kegiatan diklat seperti ini, pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UMKM berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan koperasi dan UMKM. Terutama bidang pengolahan produk unggulan, dalam mengembangkan dunia usaha. Penguatan produk unggulan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pelatihan secara intens.

“Melalui pelatihan, pengelola UMKM dapat mendapatkan ilmu pengetahuan terkait tata cara melakukan pengolahan bahan. Agar produk yang dihasilkan dapat bernilai jual tinggi,” ujarnya.

Dikatakan Nurdin, diklat yang diselenggarakan ini selain mengemas produk  usaha dengan lebih baik, juga dalam rangka perkuatan produk pengolahan bagi UMKM di Kabupaten Bima. Tentunya pemerintah memberikan pelatihan seperti ini, agar UMKM dapat mengembangkan usaha melalui kegiatan kemitraan, pameran, bazar serta pasar rakyat bagi pelaku usaha, baik di dalam kota maupun di luar kota.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, diharapkan para peserta mampu memahami setiap materi yang disampaikan narasumber. Sehingga saat berada dalam lingkugan masyarakat, peserta mampu mengaplikasikannya,” bebernya.

Dijelaskan Nurdin, program UMKM ini sangat strategis bagi pemerintah Kabupaten Bima saat ini, dalam rangka mengoptimalisaasi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah guna menggerakan roda ekonomi masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bima telah menetapkan program dan kegiatan bimbingan teknis pemberdayaan masyarakatini, melalui kewirausahaan untuk UMKM sebagai salah satu target dan sasaran untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima Hj. Maesyarah menambahkan, Diklat yang dilaksanakan ini dalam rangka memberikan bimbingan kepada para UMKM dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan perubahan sikap bagi UMKM.

Sehingga usaha dapat maju dan berkembang dengan baik serta sukses serta memberikan motivasi usaha mikro kecil menengah untuk dapat meningkatkan daya saing diantara pelaku usaha untuk berkreasi dan berinovasi terhadap produk yang dihasilkan.

“Kepada peserta diklat agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh– sungguh, sehingga apa saja yang diberikan oleh para tutor kedepan dapat meningkatkan hasil usahannya,” harapnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *