Mau Tau Informasi Penanganan Bencana, Yuuk Kunjungi Stan BPBD

Kota Bima, Kahaba.- Pameran Pembangunan Kota Bima secara resmi dibuka, Rabu (26/4) sore oleh Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin di Lapangan Serasuba. Semua stan instansi pemerintah, BUMN hingga sekolah ikut memeriahkan. Salah satunya stan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima.

Wakil Walikota Bima didampingi kepala BPBD saat mengunjungi stand BPBD. Foto: Ady

Stan ini memamerkan peralatan tim siaga bencana dan semua informasi terkait penanganan bencana. Termasuk menyajikan informasi banjir bandang yang menerjang Kota Bima akhir Tahun 2016 lalu.

“Kita pamerkan mulai dari peta kejadian, gambar-gambar kejadian di berbagai lokasi, termasuk momen banjir kemarin,” jelas Kepala BPBD Kota Bima, H Sarafudin di lokasi pameran.

Tak hanya itu lanjutnya, dipamerkan pula foto-foto kegiatan rehab rekon pasca bencana banjir yang dilaksanakan tahun ini dengan anggaran Rp12 miliar. Kemudian foto-foto kegiatan BPBD dari segala jenis bantuan, baik dari bersumber dari pemerintah pusat, propinsi dan daerah. Ada juga gambar kegiatan Forum Pengurangan Resiko Bencana, seperti penyaluran bantuan saat bencana.

“Intinya kita disini akan memberikan informasi untuk menjawab segala bentuk isu dari berbagai elemen. Kita harapkan masyarakat yuuk datang kesini biar lebih tahu informasi tentang BPBD supaya tidak berkembang informasi yang tidak-tidak,” ujar Mantan Kepala Diskanlut Kota Bima ini.

Pameran kali ini kata dia, juga bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Karenanya Rabu (25/4) pagi, BPBD bersama sejumlah pihak mengadakan simulasi bencana yang digelar serentak secara nasional. Simulasi mandiri ini bertujuan memberikan pembelajaran bagi masyarakat agar lebih waspada terhadap bencana.

“Kita gelar serentak di sekolah, di pasar, di terminal, lapangan, kantor-kantor maupun di tempat-tempat terbuka. Mudah-mudahan dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat agar ketika terjadi bencana tidak kaget lagi,” harapnya.

*Kahaba-03 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *