Pameran Pembangunan, Dikbud Tampilkan Karya Siswa

Kota Bima, Kahaba.- Pameran Pembangunan dalam rangka HUT Kota Bima ke-15 di Lapangan Serasuba cukup meriah. Seperti yang terlihat pada hari Sabtu (29/4), masyarakat ramai-ramai masuk ke sejumlah stand yang disediakan panitia kegiatan.

Siswa dan jajaran Dinas Dikbud menunjukan hasil karya. Foto: Eric

Seperti yang terlihat di stand milik Dinas Dikbud Kota Bima. Selain masyarakat ingin melihat layanan informasi data administrasi, sejarah dan kebudayaan di Kota Bima. Masyarakat ingin melihat hasil kreatifitas siswa, yang diolah dari barang yang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat.

“Ditahun ini selain memberikan layanan informasi program pendidikan, kami ingin menampilkan juga hasil kreatifitas dan seni siswa,” ujar Kabid Kebudayaan M. Taufik kepada Kahaba.net.

Dikatakan Taufik, pada stand tersebut berjejer berbagai hasil kesenian seperti lukisan, pakaian, tas, rumah kayu mini dan sarung lokal Bima yang dipamerkan. Juga ada hasil produk olahan dari sampah, kemudian dibuat dengan ide kreatifitas oleh guru maupun siswa.

“Selain produk olahan non konsumsi, hasil kreasi lainnya terdapat hasil olahan yang dapat dikonsumsi seperti krupuk dan snack. Alhamdulillah, hasil inovatif siswa ada peminatnya dan laku dibeli,” tuturnya.

Taufik menuturkan, setiap produk yang ditampilkan merupakan hasil kreatifitas pelajar yang duduk di bangku SD, SMP bahkan dari PKBM. Dipilihnya hasil kreatifitas pelajar, merupakan bentuk kearifan lokal yang harus dijaga bahkan didukung penuh oleh Dikbud.

“Para pelajar ini mempunyai ide dan imajinasi yang bagus. Terbukti mereka dapat mendaur ulang bahan sampah, kemudian bernilai jual,” tandasnya.

Sementara itu salah satu pengunjung Ikbal Tanjung yang juga Ketua FKGO Kota Bima mengapresiasi hasil kegiatan dan karya siswa yang ditampilkan. Karena dari produk yang diolah tersebut, dipamerkan mendapat tanggapan positif dari pengunjung stand.

“Ini hasil kreatifitas anak dan guru, yang lahir dari sebuah ide. Ibarat pepatah guru mulia karena ilmu, dan siswa berhasil berkarya dengan mengaplikasikan hasil pembelajaran tersebut,” bebernya.

Semoga harapnya, dengan adanya hasil karya pelajar ini dapat memotivasi siswa lain untuk berkreasi dengan ide dan gagasan yang cemerlang. Untuk bisa membuat sebuah produk berkualitas, dari hasil olahan barang tidak terpakai.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *