Bupati Bima Canangkan Gerakan Pesantren Sehari

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bupati Bima mencanangkan Gerakan Pesantren Sehari (GPS) dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang agama islam bagi masyarakat muslim di wilayah Kabupaten Bima. Hal ini disampaikan Bupati Bima saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kecamatan Woha, Selasa (2/5) pagi.

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri. Foto: Bin

Progam ini juga merupakan integrasi dari kegiatan keagamaan dalam program kerja pemerintah daerah serta sebagai tindaklanjut dan penjabaran dari Visi Bima Ramah yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bima Tahun 2016-2021.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri menjelaskan, program GPS ini akan dituangkan dalam sebuah Peraturan Bupati Bima yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat untuk aktif dalam kegiatan keagamaan melalui Gerakan Pesantren Sehari.

Disamping itu lanjutnya, GPS juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan masyarakat tentang ajaran Agama Islam dan memperdalam, memantapkan dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam, khususnya tentang Al Qur’an, keimanan, ibadah dan ahlak.

Semua itu kata Bupati, ditujukan untuk membentuk ahlak, sikap, prilaku dan karakter peserta didik dan masyarakat berdasarkan nilai-nilai Al Qur’an dan As Sunnah. Pelaksanaan kegiatan GPS bagi masyarakat dilakukan pada satu masjid Jami di setiap desa dan dikordinir oleh Kepala Desa.

GPS rencananya dilaksanakan minimal satu kali dalam setiap bulan dengan rangkaian kegiatan yaitu shalat ashar berjamaah dilanjutkan dengan zikir dan do’a, shalat magrib berjamaah dilanjutkan dengan ceramah agama atau ta’lim, shalat isya berjamaah, tadarusan Alqur’an dan shalat subuh berjamaah dan ditutup dengan ceramah agama atau ta’lim.

Pelaksanaan kegiatan GPS bagi kalangan pendidikan dilaksanakan pada masing-masing sekolah dan perguruan tinggi di Kabupaten Bima. Dilakukan minimal sekali dalam sebulan pada Minggu minggu ke-3 dengan kegiatan shalat berjamaah yang dirangkaikan dengan dzikir dan doa, ceramah agama dan tadarus Al Qur’an.

Bupati dan Wakil Bupati Bima akan melakukan pengawasan dan pembinaan penyelenggaraan GPS di seluruh wilayah kabupaten Bima yang secara tehnis akan dikoordinasikan oleh Bagian Administrasi Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bima kepada instansi dan lembaga terkait.

“Insya Allah dalam pelaksanaannya nanti, program GPS ini akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan dan pembenahaan program ke depannya,” kata Bupati.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *