Dinsos Gelar Sosialisasi PMKS dan PSKS

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima menggelar acara sosialisasi Program Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Tahun 2017, di di aula Pemerintah Kota Bima, Kamis (4/5).

Dinsos Gelar Sosialisasi PMKS dan PSKS. Foto: Eric

Kegiatan dihadiri perwakilan SKPD, kelurahan, kecamatan serta 38 Pendamping Sosial Masyarakat (PSM) dari 38 Kelurahan se-Kota Bima.

Kepala Dinas Sosial Kota Bima, H. Muhidin memaparkan, sosialisasi PMKS dan PSKS bertujuan untuk mengetahui data valid dan akurat, sebagai bahan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap bantuan sosial yang telah disalurkan.

Dengan data valid, maka petugas Dinas Sosial harus menindaklanjuti melalui proses verifikasi KTP maupun KK. Untuk dicocokkan, dan disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan.

“Data yang dihasilkan haruslah akurat dan valid. Kemudian harus relevan dengan kriteria penerima bantuan dan dapat dipertanggungjawabkan,” paparnya.

Menurut Muhidin, guna lancarnya selama pelaksanaan pendataan PMKS dan PSKS. Maka petugas dinas seperti PSM, harus memiliki sebuah perencanaan penanganan sosial yang matang. Agar dapat mencapai data yang sesuai.

Karena melalui pendataan secara rutin dan terperinci, maka dapat dipastikan data yang dipegang dinas tidak diragukan lagi, sehingga dapat menjadi database PMKS dab PSKS.

Untuk mewujudkan data akuntabel itu, pemerintah membutuhkan kerja sama semua stakeholder. Agar dapat berjuang bersama dalam menurunkan masalah sosial yang terjadi di daerah. Seperti angka kriminalitas, pengangguran hingga kemiskinan.

“Pemerintah menginginkan kepada seluruh petugas yang telah ditunjuk, untuk dapat membantu masyarakat melalui pelaksanaan pendataan dan verifikasi yang harus tepat sasaran pada warga yang betul membutuhkan,” tandasnya.

Melalui komitmen petugas di lapangan tambahnya, maka setiap program bantuan yang turun pasti dapat berjalan dengan sukses dan sesuai harapan pemerintah. dengan demikian, bantuan yang diberikan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *