Wakili Kota Bima, Kelurahan Rabangodu Selatan Dinilai Tim Provinsi

Kota Bima, Kahaba.- Setelah berhasil juara I Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Kota Bima, Kelurahan Rabangodu akhirnya dinilai tim Provinsi NTB, Senin (8/5). Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin, Asisten I Setda Kota Bima M. Farid, Staf Ahli, perwakilan TNI dan Kepolisian, perwakilan organisasi wanita dan pemuda, serta masyarakat menyambut kehadiran para tim penilai.

Tim Provinsi saat tiba di Kelurahan Rabangdou Selatan. Foto: Hum

Lurah Rabangodu Selatan Nur Karimah menyampaikan selayang pandang Kelurahan Rabangodu Selatan. Disampaikannya, visi Kelurahan Rabangodu Selatan adalah Sejahtera dan Mandiri. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat besar, terutama dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sementara itu Ketua Tim Penilai dari Provinsi NTB H. Rustam, menyatakan visi yang disampaikan lurah sangat bermakna. Kata Sejahtera setidaknya dilihat dari tiga indikator yaitu, berpendidikan, sehat dan berkecukupan.

“Saya berharap kondisi di lapangan akan benar-benar menunjukkan bahwa visi Sejahtera dan Mandiri ini terwujud dengan baik di Kelurahan Rabangodu selatan,” ujarnya.

Rustam menjelaskan, tim penilai beranggotakan 30 orang, berasal dari berbagai instansi antara lain dari Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), serta Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri).

“Tim penilai yang hadir, untuk menilai tiga aspek yang dilombakan. Yaitu pemerintahan, kewilayahan, serta kemasyarakatan,” katanya.

Kemudian berdasarkan tigas aspek itu, akan dibagi lagi beberapa sub bidang penilaian. Seperti bidang kemasyarakatan, penilaiannya mencakup aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, PKK, keamanan dan ketertiban serta tanggap siaga bencana, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan serat peningkatan kapasitas masyarakat.

“Untuk bidang Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), sebenarnya keberadaan lurah perempuan sendiri sudah menunjukkan bahwa program ini berhasil dengan baik,” katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin menyampaikan tujuan utama lomba kelurahan sebenarnya adalah untuk membangun kembali semangat swadaya, gotong royong, dan partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari penataan lingkungan, pembangunan keluarga, hingga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Penilaian dan predikat juara adalah reward yang kita harapkan. Namun target akhir yang kita kejar adalah terwujudnya kelurahan yang bersih, sehat, maju, dan sejahtera,” tandasnya.

Pantauan wartawan, seusai memberikan sambutan. Tim penilai bergerak untuk meninjau lokasi setiap aspek yang dilombakan, untuk disesuaikan dengan laporan secara administrasi diberikan pemerintah Kelurahan Rabangodu Selatan.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *