Kabar Bima

Edy Muhlis Siap Isi Jabatan Ketua BK DPRD

252
×

Edy Muhlis Siap Isi Jabatan Ketua BK DPRD

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Fraksi Pejuang Restorasi mengutus anggotanya Edy Muhlis untuk mengisi alat kelengkapan dewan di Badan Kehormatan (BK) dan Komisi II DPRD Kabupaten Bima. Politisi Partai Nasdem ini juga siap mencalonkan diri sebagai Ketua BK untuk sisa waktu 2,5 tahun ke depan.

Edy Muhlis Siap Isi Jabatan Ketua BK DPRD - Kabar Harian Bima
Anggota DPRD Kabupaten Bima Edy Mukhlis. Foto: Bin

“Berdasarkan hasil musyawarah diinternal fraksi kami, disepakati saya yang diutus untuk mengisi BK sekaligus mencalonkan diri sebagai Ketua BK,” kata pria asal Kecamatan Langgudu ini, Selasa (9/5) pagi.

Edy Muhlis Siap Isi Jabatan Ketua BK DPRD - Kabar Harian Bima

Edy menegaskan, keinginannya untuk menjadi Ketua BK bukan semata ambisi politik. Namun sesuai tugas BK, dirinya berkomitmen akan mengamati, mengevaluasi disiplin, etika, dan moral para Anggota DPRD dalam rangka menjaga martabat dan kehormatan sesuai dengan Kode Etik DPRD.

“Tugas BK memang tidaklah mudah, tapi bila diberikan kepercayaan saya siap menjalankan amanah dengan baik,” tuturnya.

Dijelaskannya, berdasarkan mekanisme, BK merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap, dibentuk untuk melaksanakan dan menegakan kode etik DPRD dan ditetapkan dengan Keputusan DPRD.

Anggota BK kata dia, diusulkan dari masing-masing fraksi sesuai perimbangan jumlah kursi, kemudian dipilih dan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD sebanyak 5 orang. Pimpinan BK terdiri seorang Ketua dan seorang Wakil Ketua yang dipilih dari dan oleh anggota BK.

Edy menambahkan, penggodokan komposisi alat kelengkapan DPRD Kabupaten Bima yang baru hingga kini memang belum final. Hal ini disebabkan karena beberapa kali sidang paripurna belum mengasilkan kesepakatan.

“Dalam penggodokan ini memang DPRD mengedepankan asas musyawarah.  InsyaAllah beberapa hari ke depan lagi sudah bisa diketahui hasilnya,” tambah dia.

*Kahaba-03