Kini Daftar BPJS Kesehatan Bisa Melalui Telpon dan Drop Box

Kota Bima, Kahaba.- Kantor Cabang BPJS Kesehatan Bima kini memberikan kemudahan pendaftaran khusus peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan perorangan. Prosesnya kini dapat mendaftar melalui telepon ke nomor care center 1500-400 dan Drop Box di tiap Kecamatan. Sebagai alternatif mempermudah jangkuan calon peserta ke kantor Cabang.

BPJS Kesehatan saat konferensi pers. Foto: Ompu

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Elly Widiani dalam jumpa persnya mengatakan, BPJS Kesehatan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-JIS. Khusus untuk calon peserta kategori PBPU/peserta mandiri dan peserta kategori bukan pekerja (PB), BPJS Kesehatan memperluas kanal pendaftaran yang telah ada.

“Salah satunya melalui mekanisme pendaftaran via telepon yaitu BPJS Kesehatan Care Center 1500-400,” katanya di kantor, Senin (15/5).

Dia menyebutkan, calon peserta tidak perlu mengantri di Kantor BPJS Kesehatan. Cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta Kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau virtual servicr. BPJS Kesehatan Care Center yang sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial maka saat ini dikembangkan fungsinya.

Peserta juga sambungnya, dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NiK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri.

“Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu fokus utama BPJS kesehatan 2017,” sebutnya.

Beberapa informasi yang ditanyakan  oleh petugad care center antaranya Nomor Kak, NIK KTP, Nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), Nomor handphone, alamat domisili (untuk pengiriman kartu)  dan alamat email.  Setelah syarat tersebut telah siap, calon peserta dapat menghubungu care center

“Selain pendaftaran melalui telepon, calon peserta dapat mendaftar di kantor Kecamatan. BPJS Kesehatan menyediakan Drop Box untuk penampungan data calon peserta dengan disertai kelengkapan berkas” ujarnya

Dia menambahkan, keunggulan daftar lewat BPJS kesehatan care center 1500-400, tidak perlu antri, proses cepat dan mudah, kartu akan langsung diantar ke alamat penerima
“Care center ini tersambung 1 x 24 jam,” pungkasnya.

*Kahaba-09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *