Ratusan Warga Kota Bima Ikut Pawai Budaya Apeksi di Mataram

Mataram, Kahaba.- Ratusan warga Kota Bima mengikuti pawai budaya pada acara Apeksi di Mataram, Rabu (17/5). Pada pawai tersebut, Kota Bima juga memamerkan ikon budaya daerah seperti Rimpu, Hadra, Gantao, baju adat kerajaan hingga adat prosesi Kalondo Wei.

Kota Bima saat ikut Pawai Budaya pada Apeksi di Mataram. Foto: Deno

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima H. Sukrin mengatakan, peserta dalam pawai budaya tersebut sebanyak 300 orang. Masing-masing peserta menggunakan pakai adat dan rimpu. Pada kesempatan itu juga ada yang atraksi budaya seperti Hadra, Gantao serta prosesi Kalondo Wei.

“Budaya yang dipamerkan ini merupakan budaya peninggalan nenek moyang masyarakat Bima yang harus tetap dilestarikan dan dijaga,” ujarnya.

Kata Sukri, pawai tersebut diikuti seluruh masyarakat Kota Bima. Selain yang didatangkan dari Kota Bima, juga masyarakat atau mahasiswa Kota Bima yang saat ini belajar di Mataram.

Ditambahkannya, ikut serta pawai budaya di daerah lain juga menjadi wadah promosi keberadaan budaya di Kota Bima. Karena diera modern ini, generasi harus terus diingatkan tentang akar budaya dimasing – masing daerah.

“Yang kami tampilkan saat pawai ini sesungguhnya Kalondo Wei. Bagaimana proses acara tersebut dipertontonkan kepada khalayak,” jelasnya.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *