Kabar Bima

Ratusan Warga Kota Bima Ikut Pawai Budaya Apeksi di Mataram

245
×

Ratusan Warga Kota Bima Ikut Pawai Budaya Apeksi di Mataram

Sebarkan artikel ini

Mataram, Kahaba.- Ratusan warga Kota Bima mengikuti pawai budaya pada acara Apeksi di Mataram, Rabu (17/5). Pada pawai tersebut, Kota Bima juga memamerkan ikon budaya daerah seperti Rimpu, Hadra, Gantao, baju adat kerajaan hingga adat prosesi Kalondo Wei.

Ratusan Warga Kota Bima Ikut Pawai Budaya Apeksi di Mataram - Kabar Harian Bima
Kota Bima saat ikut Pawai Budaya pada Apeksi di Mataram. Foto: Deno

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima H. Sukrin mengatakan, peserta dalam pawai budaya tersebut sebanyak 300 orang. Masing-masing peserta menggunakan pakai adat dan rimpu. Pada kesempatan itu juga ada yang atraksi budaya seperti Hadra, Gantao serta prosesi Kalondo Wei.

Ratusan Warga Kota Bima Ikut Pawai Budaya Apeksi di Mataram - Kabar Harian Bima

“Budaya yang dipamerkan ini merupakan budaya peninggalan nenek moyang masyarakat Bima yang harus tetap dilestarikan dan dijaga,” ujarnya.

Kata Sukri, pawai tersebut diikuti seluruh masyarakat Kota Bima. Selain yang didatangkan dari Kota Bima, juga masyarakat atau mahasiswa Kota Bima yang saat ini belajar di Mataram.

Ditambahkannya, ikut serta pawai budaya di daerah lain juga menjadi wadah promosi keberadaan budaya di Kota Bima. Karena diera modern ini, generasi harus terus diingatkan tentang akar budaya dimasing – masing daerah.

“Yang kami tampilkan saat pawai ini sesungguhnya Kalondo Wei. Bagaimana proses acara tersebut dipertontonkan kepada khalayak,” jelasnya.

*Kahaba-05