Jelang Ramadan, PSMTI Gelar Donor Darah

Kota Bima, Kahaba.- Guna mengantisipasi kurangnya pendonor darah selama bulan suci ramadan akhir bulan Mei ini, Peguyuban Sosial Marga Tionghua Indonesia (PSMTI) Kota Bima menggelar donor darah, di Lapangan Merdeka, Sabtu (20/5).

Foto bersama PSMTI usai donor darah. Foto: Eric

“Aksi kemanusiaan yang kita lakukan ini untuk membantu menjaga persediaan darah. Karena berdasarkan informasi dari Palang Merah Indonesia (PMI) Bima, ketersediaan stok darah masih kurang,” ujar Ketua PSMTI Kota Bima Whindra, yang turut didampingi sekretaris Hendra Rusli.

Dikatakan Whindra, karena banyaknya kekurangan stok darah. Maka pihaknya rutin melakukan aksi sosial donor darah bekerjasama dengan PMI Bima. Aksi kepeduliaan terhadap sesama ini menjadi agenda rutin setiap tahun.

Dalam setahun saja pihaknya dapat menggelar tiga kali aksi donor darah, di Lapangan Serasuba. Lokasi itu banyak dikunjungi oleh masyarakat, sehingga bisa mampir dan turut menyumbangkan darah.

“Berkat aksi sosial ini, kami menargetkan sebanyak 200 kantong darah bisa terkumpul,” katanya.

Whindra menjelaskan, dengan digelarnya kegiatan donor darah PSMTI. Juga turut mendorong seluruh elemen, paguyuban maupun organisasi masyarakat, agar dapat melakukan hal yang sama.

Sementara itu, pihak RSUD Bima H. Sucipto mengatakan, kebutuhan darah perbulan sebanyak 600 kantong, tapi untuk saat ini yang tersedia hanya 300 kantung. Sehingga masih dinilai kurang untuk memenuhi kebutuhan darah.

“Aksi sosial PSMTI ini, dapat membantu ketersediaan stok darah di RSUD Bima. Apalagi menjelang bulan puasa ini, biasanya pendonor berkurang karena menjalankan ibadah puasa,” bebernya.

Ditambahkan Sucipto, melalui donor darah rutin tiga hingga empat kali setahun. Maka pendonor akan semakin sehat, serta tidak mudah diserang penyakit. Karena melalui donor, darah yang kotor akan diganti dengan darah baru.

*Kahaba-04 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

  1. Che guevara

    teruslahh maju dan berbuat utk kemanusiaan…

    jasa PSMTI di kota bima..bahkan indonesia akan selalu dikenang…

    trmksh atas bantuan donor darah yang kalian berikan utk masyarakat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *