MDMC Berikan Pelatihan Sekaligus Melantik Pengurus TSBK Monggonao

Kota Bima, Kahaba.- Setelah memberikan pelatihan dan pendampingan selama lima bulan, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC)-Hospital Preparedness and Community Readiness For Emergency and Disaster (HPCRED) akhirnya melantik jajaran pengurus Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) Monggonao, Senin (22/5). Pelaksanaan pelatihan itu untuk mewujudkan program kesiapsiagaan komunitas maupun rumah sakit.

Foto bersama MDMC, BPBD dan anggota TSBK Kelurahan Monggonao. Foto: Eric

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil ketua MDMC Pusat Budi Santosa, Asisten II Setda Kota Bima, H. Syamsuddin, Camat Mpunda Arifin, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah PMD H. Mansyur serta perwakilan unsur tokoh agama, pemuda maupun masyarakat kelurahan setempat.

“Kegiatan ini terlaksana berkat program pendampingan, bagian dari kerjasama MDMC dengan DFAT Australia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima beserta instansi terkait,” ujar Wakil Ketua MDMC Pusat Budi Santoso.

Dikatakan pria yang juga menjabat sebagai Wakil Program Manager HPCRED tersebut, dibentuknya TSBK di Kelurahan Monggonao dilatarbelakangi melalui kajian resiko bencana, serta analisis wilayah yang memiliki potensi ancaman berbagai bencana.

Dengan adanya beberapa potensi ancaman bencana, maka berbagai elemen komunitas bertemu, berdiskusi dan merancang membentuk wadah Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) di Kelurahan Monggonao.

Bentuk Kepedulian MDMC, dibuktikan dengan membantu berdirinya TSBK di tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pane, Nae dan Monggonao. Hal itu dilakukan berdasarkan pertimbangan, karena tiga kelurahan tersebut yang terdekat dengan PKU Muhammadiyah.

Dengan keberadaan TSBK di tiga kelurahan ini, tentu akan membantu kesiapsiagaan masyarakat untuk sadar akan ancaman bencana dan tahu cara untuk menyelamatkan diri.

“Dengan keberadaan TSBK, tentunya RS PKU Muhammadiyah turut terlibat dalam organisasi. Dimana tim medis berperan dan berfungsi sebagai perencaana kebutuhan kesehatan, baik saat pra-saat-pasca bencana,” tuturnya.

Sementara itu Assisten II Setda Kota yang turut didampingi Camat Mpunda Arifin mengucapkan terimakasih atas bantuan MDMC. Karena membantu pemerintah daerah, untuk melahirkan kelurahan tangguh bencana yang baru.

“Terimakasih atas jasa MDMC, yang telah membantu lahirnya TSBK pada tiga kelurahan. Semoga apa yang telah disumbangkan, akan membantun masyarakat untuk siap menghadapi segala bencana,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *