Kabar Bima

Anggotanya Intimidasi Jurnalis, Kapolres Minta Maaf 

268
×

Anggotanya Intimidasi Jurnalis, Kapolres Minta Maaf 

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kapolres Bima, AKBP. M. Eka Fathurrahman menyampaikan permohonan maaf kepada semua Jurnalis di Bima terkait arogansi oknum anggotanya terhadap 2 jurnalis saat meliput aksi bentrok di depan Kampus STKIP Tamsis Bima, Rabu (24/5) pagi. (Baca. Dilarang Liput Bentrok, 2 Wartawan Diseret Paksa Polisi)

Anggotanya Intimidasi Jurnalis, Kapolres Minta Maaf  - Kabar Harian Bima
Kapolres Bima AKBP. M. Eka Fathurrahman SIK. Foto: Bin

Dalam bertugas meliput aksi bentrok mahasiswa dari Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND), 2 Jurnalis masing-masing Herman dari Media Bima ekspress dan Online Bimakini.com serta Ibrahim dari Media Online Suararakyat mendapat perlakuan kasar dan dugaan intimidasi dari oknum Anggota Polisi di lokasi. (Baca. ?IJTI Kecam Sikap Aparat Intimidasi 2 Jurnalis

Anggotanya Intimidasi Jurnalis, Kapolres Minta Maaf  - Kabar Harian Bima

“Mohon maaf atas kesalahpahaman ini. Kalembo ade teman-teman Jurnalis,” kata Kapolres melalui pesan Whats App, Rabu siang.

Kapolres juga telah mengidentifikasi oknum anggotanya yang diduga bertindak arogan tersebut, yakni berinisial M. Ia berbanji akan menindak dan membina anggotanya tersebut.

“Untuk anggota saya yang melakukan pelanggaran pasti saya tindak. Mohon maklum. Saya akan bina anggota saya yang berinisial M,” janjinya.

Sementara itu, Jurnalis Senior Bima, Akhyar M Nur dari Media Online Tempo.co merespon baik permintaan maaf Kapolres dan janji membina anggotanya.

“Kami berharap insiden seperti ini tidak terulang kembali. Biar bagaimanapun, Kepolisian dan Jurnalis adalah mitra,” ujarnya.

Akhyar meminta Kapolres memberikan pemahaman kepada jajaran anggotanya, terutama yang bertugas mengamankan aksi di lapangan bahwa Jurnalis bekerja dilindungi undang-undang.

Selama kode etik Jurnalis dijalankan dengan baik lanjut dia, maka tidak boleh ada penghalangan dan tindak arogansi maupun perlakuan kasar terhadap Jurnalis.

“Sebagai mitra, Kepolisian bisa berkoordinasi dengan baik dengan Jurnalis bila ada hal-hal yang berlebihan,” ujarnya.

*Kahaba-03