BPOM Uji Kandungan Aneka Takjil di Pasar Ramadan

Kota Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram bersama tim terpadu dari Dinas Kesehatan dan Diskoperindag Kota Bima, Minggu (4/6) sore menyisir pasar takjil ramadan di depan Museum ASI Mbojo.

BPOM saat menguji kandungan aneka takjil di Laboratorium. Foto: Ady

Sebanyak 43 sampel aneka makanan dan minuman berbuka puasa yang dijual para pedagang diambil satu persatu oleh BPOM untuk dilakukan pengujian kandungannya di laboratorium.

Mulai dari aneka kudapan, krupuk, gorengan tahu, tempe, ikan, sayur, berbagai minuman buah dan jajanan lainnya diambil masing-masing satu sampel untuk pengujian. Tim juga datang dengan perlengkapan mobil laboratorium sehingga pengujian bisa dilakukan langsung di lokasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap takjil yang dikonsumsi bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa ramadan,” jelas Kepala Seksi Pemeriksaan BPOM Mataram, Yosep Dwi Irwan dilokasi.

Diakuinya, pengujian di laboratorium tidak membutuhkan waktu lama. Hanya saja, karena sampel yang diambil cukup banyak kemungkinan hasilnya bisa diketahui dalam waktu beberapa jam.

“Biasanya pengalaman hasil uji tahun lalu, trennya pada krupuk menggunakan zat boraks dan sambal plecing menggunakan zat rodamin atau pewarna kain,” terangnya.

Namun Ia berharap, zat-zat berbahaya tersebut tidak lagi digunakan para pedagang dan produsen pangan karena akan sangat merugikan konsumen apabila dikonsumsi secara terus menerus.

“Saat ramadan memang menjamur makanan dan minuman yang dijual para pedagang. Sehingga kita perlu mengetahui pangan yang dikonsumsi masyarakat Kota Bima aman dan sehat dari kandungan zat berbahaya,” tambahnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *