Komunitas Pramuka Peduli Gelar Pesantren Ramadan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pesantren kilat merupakan kegiatan yang sangat positif, dalam rangka membentuk karakter Islami pada adik – adik di gugus depan. Untuk itu, Komunitas Pramuka Peduli menggandeng adik – adik Pramuka Gugus Depan SMPN 1 dan SMPN 4 Donggo melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadan untuk tingkat gugus depan yang bertempat di SMPN 1 Donggo, mulai tanggal 12 sampai 14 Juni 2017.

Siswa saat mengikuti kegiatan pesantren ramadan. Foto: Dok. Pramuka

Kegiatan Pesantren Ramadan yang diadakan Pusdiklatcab Kabupaten Bima bekerjasama dengan Komunitas Pramuka Peduli dan Gudep SMPN 1 Donggo, secara resmi dibuka Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 047/048 SMPN 1 Donggo Kak Juraid.

Juraid di sela-sela kegiatan mengatakan, melalui kegiatan pesantren Ramadan diharapkan dapat membina akhlakul karimah siswa. Pesantren Ramadan juga memperkenalkan siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa, untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

“Pesantren Ramadan juga sebagai investasi di dunia maupun di akhirat bagi siswa, orang tua maupun guru,” ujarnya.

Bagi siswa, melalui kegiatan pesantren kilat maka akan dituntut belajar sejak dini mempelajari agama Islam, seperti membaca dan menghafal surat-surat Al Qur’an, berdoa, mencintai masjid dan lain – lain

Sementara itu, Koordinator Komunitas Pramuka Peduli Arief Rachman mengatakan keuntungan yang diterima oleh orang tua diantaranya melalui kegiatan Pesantren Ramadan maka  anaknya dididik untuk membentuk karakter yang Islami, menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah yang senantiasa mendoakan mereka.

“Bagi para pembina pramuka, melalui kegiatan Pesantren Ramadan maka akan menjadi suatu kegiatan sosial (ibadah),” tuturnya.

Kegiatan Pesantren Ramadan diadakan selama tiga hari yang diikuti oleh gugus depan SMPN 1 dan SMPN 4 Donggo sebanyak 100 siswa, dengan berbagai kegiatan diantaranya pelajaran tauhid, kajian Alquran dan Hadist, buka puasa bersama dilanjutkan sholat isya dan taraweh bersama dan dilanjutkan dengan Tadarus lalu melakukan kegiatan Bersih – Bersih masjid

“Komunitas Pramuka Peduli juga memberikan bantuan peralatan kebersihan,” jelas Arief.

Di tempat yang sama, salah satu pembina gugus depan Kak Damsus mengatakan, dengan kegiatan seperti ini dirinya bisa menambah ilmu keagamaan lebih dalam lagi.

“Banyak yang didapat dari kegiatan pesantren ramadhan ini. Mulai dari sejarah berdirinya Islam dijaman Rasul, tadarus Al-quran dan kajian Hadist, Kebersamaan dalam buka puasa dan bersantap sahur, sholat Dhuha dan kegiatan Sosial pembersihan masjid,” jelas Damsu.

Kegiatan Pesantren Ramadhan menghadirkan pelatih Kwarcab Bima Kak Abdullah Zain, Kak Moh. Jacub, Kak Siti Saradipa dan Ustadz Syamsuddin yang dikenal dengan Kak Ori Sedo.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *