Pemkot Bima Safari Ramadan di Kecamatan Rasanae Timur

Kota Bima, Kahaba.- Safari Ramadhan 1438 H Pemerintah Kota Bima dimulai di Kecamatan Rasanae Timur, di Masjid Jami’ Baiturrahman Lingkungan Dodu I Kelurahan Dodu, Senin (12/6), malam. Ketua MUI Kota Bima HM. Saleh Ismail bertindak sebagai penceramah.

Warga melaksanakan shalat dan menghadiri Safarri Ramadan Pemkot Bima. Foto: Hum

Rombongan Pemerintah Kota Bima dipimpin oleh Walikota HM. Qurais H. Abidin. Hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, anggota DPRD Kota Bima Dapil Rasanae Timur, Plt. Sekda Kota Bima, para pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, Lurah, para pimpinan organisasi Islam, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Safari Ramadan dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan memperkuat silaturahim antara jajaran Pemerintah Daerah dengan masyarakat, serta sebagai wadah penyerapan aspirasi masyarakat dan penyampaian informasi pembangunan.

Walikota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan beberapa agenda pembangunan yang sedang dilaksanakan. Salah satunya adalah pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang merupakan kerjasama dengan Bank Dunia.

Ia meminta dengan tegas kepada seluruh jajaran Pemerintah hingga level Kelurahan, untuk menyalurkan semua bantuan sosial secara utuh dan transparan, langsung kepada penerima manfaat.

“Jangan ada pungli pada tataran apapun. Semua program bantuan yang ditujukan kepada masyarakat harus bisa diterima secara utuh oleh masyarakat yang menjadi sasaran,” kata Walikota.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk bersama-sama dengan aparat keamanan, menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan. Jangan lagi ada perkelahian antar kampung atau antar kelompok masyarakat hanya karena masalah sepele.

“Para tokoh agama juga kami minta tetap menjalankan peran sebagai pengayom untuk memberikan pembinaan dan menyejukkan umat,” inginnya.

Kegiatan Safari Ramadhan juga diisi dengan penyerahan bantuan peralatan dan mesin pertanian dari Pemerintah Kota Bima bagi kelompok tani di wilayah Kecamatan Rasanae Timur, yaitu berupa 37 unit hand sprayer untuk 7 Kelurahan, yaitu Dodu, Lampe, Nungga, Kodo, Lelamase, Oi Fo’o, dan Kumbe.

Juga ada 5 unit mesin pompa air untuk 3 Kelurahan yaitu Dodu, Lampe dan Nungga; serta 1 unit alat tanam jagung dorong untuk Kelurahan Lelamase.

Selain itu, ada bantuan keagamaan melalui Bagian Kesra Setda Kota Bima, berupa dana bantuan pembangunan masjid senilai Rp 15 juta, 2 gulung karpet, 10 buah buku agama, 40 helai sarung, serta 40 buah mukenah yang diterima oleh H. Hasan H. Umar, pengurus Masjid Jami’ Baiturrahman.

Selanjutnya, bantuan berupa 4 buah Al-Qur’an bagi TPQ di wilayah Kecamatan Rasane Timur yang diterima secara simbolis oleh TPQ Al-Qomariah, juga insentif bagi imam, bilal, marbot dan guru mengaji yang masing-masing diterima secara simbolis oleh H. Idrus H. Mansyur, Abdurrahim H. Kasim, Arrahman, dan H. Jamaluddin.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *