Seekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Kolo

Kota Bima, Kahaba.- Seekor ikan paus ditemukan  terdampar di pantai Kolo, Kecamatan Asakota, Selasa (25/9) pagi. Ikan raksasa ini diketahui dalam kondisi hidup dan sedang ditarik masyarakat setempat menuju daratan.

Warga mencoba memindahkan ikan paus yang terdampar

Adiansyah, S.Pd, warga setempat yang dihubungi Kahaba melaporkan ratusan orang tengah memadati sepanjang pantai So Keu, Kelurahan Kolo untuk menyaksikan fenomena terdamparnya ikan paus yang diperkirakan panjangnya mencapai empat meter tersebut.

Ia mengungkapkan, ikan yang dalam kondisi hidup itu terlihat oleh masyarakat sekitar sejak pukul 9.00 Wita, dan langsung saja menjadi pusat perhatian warga sekitar.

Adi menduga, kemunculan ikan paus di perairan teluk Bima ini dikaitkan dengan melimpahnya tangkapan para nelayan akhir akhir ini. “Mungkin ikan itu sedang memburu tangkala (cakalang, red), soalnya akhir-akhir ini nelayan panen besar ikan tangkala,” ucapnya.

Lanjut Adi, saat ini sejumlah orang tengah menarik mamalia laut berukuran raksasa itu ke pantai. “Sepertinya ikan itu mau dikonsumsi, dari pinggir pantai saya lihat empat orang sedang  menarik paus itu menggunakan tali,” ucapnya.

Sementara itu kantor Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Bima-Dompu yang dihubungi Kahaba terkait hal ini mengaku baru mendengar laporan terdamparnya paus itu. Instansi yang terkait dengan penyelamatan satwa yang dilindungi itu berjanji akan menurunkan anggotanya ke lokasi.

Update pukul 11.32: Berdasarkan keterangan Tim KSDA, ikan paus itu saat berita ini ditulis tengah dievakuasi masyarakat menuju laut. Proses evakuasi berhasil itu berhasil dilakukan.[BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *