Kabar Bima

Seekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Kolo

281
×

Seekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Kolo

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Seekor ikan paus ditemukan  terdampar di pantai Kolo, Kecamatan Asakota, Selasa (25/9) pagi. Ikan raksasa ini diketahui dalam kondisi hidup dan sedang ditarik masyarakat setempat menuju daratan.

Seekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Kolo - Kabar Harian Bima
Warga mencoba memindahkan ikan paus yang terdampar

Adiansyah, S.Pd, warga setempat yang dihubungi Kahaba melaporkan ratusan orang tengah memadati sepanjang pantai So Keu, Kelurahan Kolo untuk menyaksikan fenomena terdamparnya ikan paus yang diperkirakan panjangnya mencapai empat meter tersebut.

Seekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Kolo - Kabar Harian Bima

Ia mengungkapkan, ikan yang dalam kondisi hidup itu terlihat oleh masyarakat sekitar sejak pukul 9.00 Wita, dan langsung saja menjadi pusat perhatian warga sekitar.

Adi menduga, kemunculan ikan paus di perairan teluk Bima ini dikaitkan dengan melimpahnya tangkapan para nelayan akhir akhir ini. “Mungkin ikan itu sedang memburu tangkala (cakalang, red), soalnya akhir-akhir ini nelayan panen besar ikan tangkala,” ucapnya.

Lanjut Adi, saat ini sejumlah orang tengah menarik mamalia laut berukuran raksasa itu ke pantai. “Sepertinya ikan itu mau dikonsumsi, dari pinggir pantai saya lihat empat orang sedang  menarik paus itu menggunakan tali,” ucapnya.

Sementara itu kantor Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Bima-Dompu yang dihubungi Kahaba terkait hal ini mengaku baru mendengar laporan terdamparnya paus itu. Instansi yang terkait dengan penyelamatan satwa yang dilindungi itu berjanji akan menurunkan anggotanya ke lokasi.

Update pukul 11.32: Berdasarkan keterangan Tim KSDA, ikan paus itu saat berita ini ditulis tengah dievakuasi masyarakat menuju laut. Proses evakuasi berhasil itu berhasil dilakukan.[BQ]