DPPKB Gelar Rapat Pemutakhiran Data Keluarga 2017

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima mengelar rapat kegiatan orientasi pemutakhiran data keluarga, di ruang rapat kantor setempat. Kegiatan yang diagendakan selama dua hari Selasa dan Rabu (21-22/6) tersebut, dihadiri 220 kader pendataan keluarga yang tersebar di 5 kecamatan.

Rapat Orientasi Pendataan Kelurga 2017. Foto: Eric

Ketua Panitia kegiatan Nurwahidah dalam laporannya menyampaikan,  kegiatan dilaksanakan berdasarkan SK kepala DPPKB Nomor 15 Tahun 2017 tentang pelaksanaan orientasi pemutakhiran bagi kader pendataan keluarga.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memperoleh data keluarga by name by addres. Untuk dipergunakan dalam penetapan sasaran, dan optimalisasi operasional program pembangunan kependudukan,” ujarnya.

Kata Ida, kegiatan pemutakhiran ini dilakukan berdasarkan UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Sehingga pemerintah daerah melalui instansi terkait, untuk melatih dan membina kader pendataan keluarga dalam bekerja sebagai leading sektor di lapangan.

“Kepada kader yang dilatih, diharapkan mampu bekerja maksimal di wilayah masing-masing. Untuk memperoleh informasi data di lapangan, melalui observasi kepada para kepala keluarga di masing-masing kecamatan,” katanya.

Sementara itu Kepala DPPKB Kota Bima Suriadi menjelaskan, dengan pelatihan kepada kader pendataan keluarga maka kedepan pihaknya akan memperoleh basis data kependudukan disetiap tingkatan wilayah, kemudian tersedianya data keluarga berencana, dan tersedianya basis data individu anggota keluarga.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, DPPKB akan mendapatkan data yang valid tentang kondisi setiap kepala keluarga tahun 2017 ini,” tandasnya.

Melalui rapat tersebut, kedepan para kader pendataan keluarga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang betapa pentingnya pendataan keluarga untuk dilaporkan ke pemerintah.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *