Dishub Adakan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Pehubungan (Dishub) Kabupaten Bima melakukan pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) yang digelar 22 Juli 2017. Kegiatan tersebut melibatkan kepolisian dan personil Dishub sebagai dewan juri.

Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan. Foto: Dok. Dishub

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bima Syafruddin mengatakan, pemilihan supir angkutan umum merupakan agenda tahunan, sekaligus melaksanakan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang keselamatan berlalulintas.

“Kegiatan ini bertujuan mengatasi permasalahan transportasi di Kabupaten Bima, khususnya peningkatan disiplin berlalulintas bagi supir angkutan umum serta dapat memahami semua peraturan lalu lintas yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bimbingan, Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Azhari Rahman, yang didampingi Arief Rachman Kasubag Program dan Pelaporan menjelaskan, pemilihan kali ini akan menetapkan enam supir terbaik, dan dua terbaik diantaranya berhak mengikuti pemilihan supir angkutan umum teladan tingkat provinsi yang akan digelar beberapa bulan kedepan.

Tahun ini, ada 35 supir perwakilan dari 17 perusahaan angkutan di Kabupaten Bima yang mengirimkan wakilnya untuk mengikuti pemilihan. Beberapa hal yang menjadi penilaian diantaranya admisnistrasi, tingkah lalu, uji materi dan penguasaan di jalan raya.

“Acara ini memiliki nilai positif karena diharapkan kedepannya angka kecelakaan lalu lintas dijalan raya dapat ditekan,” paparnya.

Selama ini lanjut Azhari, supir angkutan umum di Bima memang menjadi sorotan karena banyak dintaranya yang kurang disiplin di jalan. Terutama dalam menaik dan menurunkan penumpang bukan pada tempatnya.

“Supir angkutan harus jadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas. Kami harap acara ini dapat terus dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kedisipilinan supir angkutan umum di jalan raya,” harapnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *