Pemkot Dukung Operasi Bibir Sumbing Gratis

Kota Bima, Kahaba.- Terkait rencana kegiatan operasi bibir sumbing gratis yang akan digelar pertengahan bulan Oktober mendatang, pengurus Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Kota Bima bertatap muka dengan Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE di ruangannya, Rabu (26/9) siang.

Ilustrasi

Kepada Wakil Walikota Bima, Ketua BSMI Kota Bima, dr. Arif Budiman menyampaikan segala persiapan untuk kegiatan sosial itu. Disampaikan Arif, operasi bibir sumbing gratis itu rencananya akan digelar pada tanggal 13 hingga 14 Oktober mendatang, sekaligus sebagai launching organisasi sosial kesehatan itu. Adapun sasaran yang akan dilayani, dalam kegiatan tersebut BSMI memfokuskan menerima pasien yang berasal dari Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu.

BSMI sendiri dikenal sebagai organisasi yang banyak terjun dalam aksi sosial kesehatan di berbagai wilayah konflik dan bencana di seluruh Indonesia serta  di luar negeri. Mengenai BSMI Kota Bima, organisasi cabang itu berencana membangun komitmen dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rangka membantu masyarakat yang tertimpa bencana. Lewat momen pertemuan dengan pemimpin Kota Bima itu pula, dr. Arif Budiman mengharapkan respon baik dalam bentuk kemitraan bersama Pemerintah Kota Bima.  “Organisasi ini akan fokus pada masalah sosial kemasyarakatan terutama di bidang kesehatan, untuk  itu kami sangat mengharapkan kerjasama dengan Pemkot khususnya instansi-instansi terkait dengan penanganan bencana”ujar dokter muda itu.

Mendengar penyampaian itu, Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan sosial yang akan dilakukan BSMI Kota Bima. Lebih dari itu, Wakil Walikota yang biasa disapa Haji Man itu menyanggupi untuk memberikan bantuan dalam bentuk dana untuk proses pemeriksaan awal (screening) dan bantuan transportasi kepada pasien bibir sumbing yang mengikuti kegiatan.

Selain hal tersebut, Wakil Walikota juga akan meminta Dinas Sosial dan juga Dinas Kesehatan Kota Bima untuk menyediakan bantuan dana untuk kegiatan sosial seperti itu. Pemkot Bima juga akan mengusahakan alokasi dana khusus pada APBD tahun 2013 untuk pelaksanaan operasi gratis untuk warga yang tidak mampu.

Haji Man juga berharap kedepannya kegiatan operasi gratis untuk pasien tidak mampu tidak hanya untuk pasien bibir sumbing saja. “Tahun depan programkan operasi bibir sumbing dan katarak juga,” pintanya. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *