Sosialisasi Germas Kota Bima Digelar

Kota Bima, Kahaba.- Plt. Sekda Kota Bima Muhtar Landa membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di aula SMAN 2 Kota Bima, Jumat (14/7). Kegiatan tersebut diselenggarakan bersama Komisi IX DPR RI, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Dinas Kesehatan Kota Bima.

Plt. Sekda Kota Bima menandatangani dukungan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Foto: Hum

Muhtar melalui sambutannya mengatakan, Germas merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Germas meliputi kegiatan melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

“Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit,” paparnya.

Menurut Sekda, permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat, ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat.

Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat, untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Untuk itu, kami menyambut baik kehadiran program Germas, karena fokus utama program ini adalah: penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat,” katanya.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Komisi IX DPR RI dan Kementerian Kesehatan RI. Diakuinya, untuk menyukseskan germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja.

Acara juga diisi dengan penadatanganan Dukungan Bersama Terhadap Germas oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kasi Kemitraan Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kepala BPJS Cabang Bima, serta para stakeholders Promkes.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dan Kasi Kemitraan Kesehatan Drektorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, serta diskusi yang dipandu oleh moderator Yahya.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *